Kepala Patung GWK Dipasang, Videonya Bikin Merinding

Setelah 28 tahun, akhirnya mahakarya ini segera rampung dan mengharumkan pariwisata Indonesia

Dwifantya
| 17 Mei 2018 07:25

Dream - Garuda Wisnu Kencana Cultural Park atau yang lebih dikenal dengan GWK, menjadi ikon wisata Bali yang paling diincar wisatawan. Tak terasa pembangunan patung raksasa ini sudah menghabiskan waktu hingga 28 tahun.

Sebuah video yang diunggah Nyoman Nuarta di akun Instagram-nya pada Minggu lalu menjadi viral. Video pemasangan kepala Wisnu di Taman Budaya GWK Bali ditonton lebih dari 2,6 juta kali.

"Pengankatan kepala wisnu dgn berat kurang lebih 4 ton," demikian keterangan yang ditulis oleh Nyoman Nuarta di video yang diunggahnya itu.

 

Pengankatan kepala wisnu dgn berat kurang lebih 4 ton

A post shared by Nyoman Nuarta (@nyoman_nuarta) on

Nyoman Nuarta tak lain merupakan seniman penggagas berdirinya GWK. Ia telah menggagas pembangunan GWK sebagai landmark pariwisata dan ikon baru Pulau Bali sejak 1989.

Para pengguna media sosial terkesima melihat kepala patung Wisnu seberat 4 ton dikerek oleh crane untuk diletakkan di atas tubuh patung. Jutaan wisatawan sudah menunggu waktu ini, dimana tubuh patung Dewa Wisnu yang mengendarai burung Garuda tampak sempurna lengkap dengan kepalanya.

Jika tak ada halangan, patung setinggi 21 meter ini akan rampung pada Agustus 2018.

Pantas saja bila sejumlah netizen menyambut positif momen yang diabadikan Nyoman Nuarta ini. Tak sedikit pula yang penasaran dengan hasil akhir Mahakarya seniman senior ini.

"Luar biasa @nyoman_nuarta Tuhan memberi bakat yg SGT luar biasa, ide dan kerja kerasnya tak ada tandingnya..." tulis @goesdipoyono67_dipo.

"Ketika seorang seniman berhasil mewujudkan karya besar yg diimpikannya sejak lama, pasti terasa sangat membahagiakan ya Pak? Bahkan mungkin sebanding dengan melihat nirwana... Pak @nyoman_nuarta semoga sehat selalu, saya bangga pada bapak," kata @kakerisn.

"Proud of this, such an amazing work mr. @nyoman_nuarta and team. Baru pemasangan aja sukses bikin saya merinding dan penasaran hasil akhirnya," kata @chairulrizky.

Diketahui, patung GWK ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia.

Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi patung terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty.

Topik Terkait :

Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting

Jangan Lewatkan