Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kepri Bersiap Sambut Wisatawan Asing dalam Skema Travel Bubble

Kepri Bersiap Sambut Wisatawan Asing dalam Skema Travel Bubble Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno Meninjau Kesiapan Kepri Sambut Travel Bubble (Kemenparekraf)

Dream - Pemerintah bakal menerapkan skema travel bubble tidak lama lagi untuk mendatangkan wisatawan asing. Beberapa daerah dipilih untuk pelaksanaan skema ini, di antaranya Batam dan Bintan di Kepulauan Riau.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyempatkan diri meninjau persiapan di Pelabuhan Nongsapura, Batam. Dia menilai sejumlah akomodasi kini sudah memadai dan siap diisi.

"Dari hasil pemantauan saya, kita sudah ready to go," ujar Sandiaga.

Sandiaga juga mendapatkan informasi mengenai kesiapan para pelaku industri parekraf. Menurut dia, dalam beberapa hari ke depan seluruhnya akan siap.

"Pelaku industri tadi menyampaikan dalam beberapa hari ke depan mereka akan memastikan kesiapannya sehingga nanti ketika diumumkan oleh Bapak Menko Perekonomian, ini segera langsung beroperasi," kata dia.

Sandiaga mengungkapkan travel bubble merupakan yang tepat untuk memulihkan kondisi sektor pariwisata. Dia berharap kebijakan ini dapat dijadikan momentum kebangkitan ekonomi nasional, khususnya di Kepri.

 

Dijadwalkan Presiden Joko Widodo berkunjung ke Bintan untuk menghadiri Leaders Retreat pada 25 Januari 2022. Sandiaga menyatakan Jokowi bakal menyaksikan langsung bagaimana ekonmo bangkit.

"Tentunya sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepri dan kita hadir untuk mewujudkan," kata dia.

Selanjutnya, Sandiaga menjelaskan travel bubble bakal diterapkan di Bandar Bentan Telani Seaport dan Pelabuhan Nongsapura. Dia berhadap dari dua lokasi ini dapat membangkitkan peluang ekonomi dan memfasilitasi wisatawan Singapura.

"Kita rencanakan 24 Januari ini maka travel bubble akan dioperasikan. Skema Travel Bubble jadi ini akan menjadi paket yang bisa langsung diterapkan dan harus dilaksanakan dengan protokol kesehatan," kata dia.

Upaya pemulihan ini, kata Sandiaga perlu melibatkan UMKM. Sehingga pariwisata dapat sepenuhnya pulih dan mendorong ekonomi kreatif kembali bergeliat.

"Nanti saya titip pesan baik di Nongsa maupun di BBT (Bandar Bentan Telani) agar dilibatkan terutama dari beberapa desa wisata dan pelaku UMKM ekonomi kreatif sehingga peningkatan kebangkitan ekonomi ini bukan hanya di kelas atas, tapi di the bottom of the pyramid," kata Sandiaga.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

Pengenaan pajak wisata bagi WNA berlaku mulai 14 Februari 2024

Baca Selengkapnya
Wisata Air Panas di Turki Diyakini Bisa Sembukan Penyakit, Pernah Dipakai Mandi Cleopatra

Wisata Air Panas di Turki Diyakini Bisa Sembukan Penyakit, Pernah Dipakai Mandi Cleopatra

Kolam air panas di Turki ini diduga pernah menjadi tempat berenang bagi Cleopatra.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.