Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kerap Disalahpahami, Begini Makna Sebenarnya dari Wisata Halal

Kerap Disalahpahami, Begini Makna Sebenarnya dari Wisata Halal Ilustrasi (Shutterstock.com)

Dream - Konsep wisata halal yang tengah digenjot Pemerintah ternyata masih banyak disalahpahami masyarakat. Banyak yang menilai wisata ini dapat memberangus kearifan lokal.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi, menyatakan terjadi kekeliruan pemahaman akan wisata halal sehingga harus diluruskan. Zainut mengungkapkan wisata syariah atau wisata halal bukan Islamisasi wisata sehingga semua hal di destinasi wisata disesuaikan syariah.

"Dalam syariat Islam, kita mengenal bahwa kebiasaan baik yang telah dijalankan oleh penduduk setempat tetap dipelihara dan dipertahankan selama tidak bertentangan dengan maqashid syariah," ujar Zainut, dikutip dari Kemenag.

Zainut menerangkan wisata syariah atau wisata halal berarti pemberian fasilitas yang memudahkan wisatawan Muslim menunaikan kewajiban keagamaannya di sebuah tempat wisata. Di antaranya tersedianya maknanan yang sudah dipastikan kehalalannya, juga fasilitas ibadah.

"Kemudahan untuk melakukan transaksi keuangan syariah, fasilitas hotel, sikap positif pelaku bisnis terhadap wisatawan dan lain sebagainya," kata dia.

 

Jadi Tren di Sejumlah Negara Sekuler

Zainut juga menerangkan wisata halal kini tengah menjadi tren di sejumlah negara seperti China, Jepang, maupun Korea yang menerapkan sistem sekuler. Tetapi, di sana digunakan istilah berbeda seperti halal tourism, moslem friendly, dan masih banyak lagi.

Belanja Wisata Halal Amblas 70 Persen karena Covid-19

"Konsep wisata halal sebetulnya universal, sehingga dapat diterima oleh semua kalangan agama, masyarakat budaya, dan pemerintah," kata dia.

Selanjutnya, Zainut berharap para pelaku industri wisata halal dan ekonomi syariah terus berikhtiar menghapus kesan eksklusif halal yang masih ada di masyarakat. Hal ini dijalankan dengan menggiatkan edukasi tanpa perlu menimbulkan kerumitan baru dengan menggali nilai-nilai yang sudah ada di dunia usaha.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
6 Rekomendasi Wisata Dataran Tinggi di Indonesia, Wajib Datang Sekali Seumur Hidup

6 Rekomendasi Wisata Dataran Tinggi di Indonesia, Wajib Datang Sekali Seumur Hidup

Segarkan pikiran dan hati dengan eksplorasi wisata dataran tinggi.

Baca Selengkapnya
Mulai dari Makanan hingga Penginapan, Intip Ragam Destinasi Wisata Halal di Singapura Ini!

Mulai dari Makanan hingga Penginapan, Intip Ragam Destinasi Wisata Halal di Singapura Ini!

Singapura telah menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asal Indonesia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.