Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ketika Obama Menceritakan Pengalamannya Berlibur di Indonesia

Ketika Obama Menceritakan Pengalamannya Berlibur di Indonesia (Foto: Facebook/Kemenpar)

Dream - Liburan keluarga Barack Obama rupanya benar-benar berkesan mendalam. Kesan itu dia lontarkan secara lugas, jujur dan tulus dari hatinya. Tidak ada yang dia tutup tutupi, Indonesia dia akui memang sangat cantik dan indah.

Setelah berlibur ke Bali, Yogyakarta dan Bogor, Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama, menyampaikan pidato dalam pembukaan Kongres ke-4 Diaspora Indonesia. Dalam pidatonya, selain membahas masalah toleransi, Obama juga menceritakan pengalaman selama liburan di berbagai destinasi yang ada di Indonesia di depan 9.000 orang dari 55 negara seluruh dunia, di Kasablanka Hall, Jakarta, Sabtu 1 Juni 2017 lalu.

Ribuan diaspora Indonesia yang berasal dari Amerika Serikat, China, Meksiko, Jerman, Suriname, Qatar, Oman, Brunei Darusalam, Prancis, Belanda, dan Myanmar ini dengan seksama mendengarkan 30 menit pidato Obama yang saat itu mengenakan setelan jas berwarna abu-abu dengan kemeja putih.

Dalam pidatonya, Obama tak jarang membagi pengalamannya saat berwisata ke Candi Borobudur yang megah memiliki makna toleransi beragama di dalamnya.

"Dan ketika melihat Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha, di tengah negara Muslim, Candi Prambanan yang Hindu dan dilindungi negara Muslim, wayang kulit dan Ramayana di negara Muslim, semangat Indonesia haruslah toleransi. Dan itu juga terlihat dari gereja dan masjid yang bersebelahan," kata Obama, dikutip dari keterangan pers tertulis, Senin 3 Juli 2017.

Obama juga menceritakan pengalamannya berwisata ke Bali dan Yogyakarta, dan menyebut Indonesia sebagai "bagian dari diri saya". Seperti diketahui, Obama selama ini memang dikenal memiliki kedekatan dengan Indonesia, karena sempat menghabiskan beberapa tahun masa kecilnya di Jakarta. Dirinya pernah berjanji setelah jabatannya usai, negara Asia pertama yang dikunjungi yaitu Indonesia.

"Saya bilang ke Presiden Jokowi, negara Asia yang akan saya kunjungi pertama kali setelah tidak lagi menjabat Presiden adalah Indonesia. Itu karena saya percaya dengan masa depan negeri ini," kata Obama.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai, kehadiran Obama dan Diaspora Indonesia ini sangat penting dalam pengembangan Pariwisata Indonesia. Dirinya mengapresiasi aktivitas reuni yang digelar Diaspora Indonesia dengan mengundang orang ke tanah air itu.

"Makin banyak selebriti dunia dan orang-orang penting dunia akan berdampak baik, apalagi dengan menghadirkan Obama yang betul-betul menjadi endorser Pariwisata Indonesia saat ini. Terima kasih untuk Diaspora Indonesia," kata Menpar Arief Yahya.

Obama adalah tokoh dunia. Punya followers yang sangat banyak. Di Twitter saja, akun @BarackObama diikuti 91.286.757 netizen. Persepsi masyarakat dunia diyakini bakal sangat bagus terhadap destinasi yang dikunjungi Obama akan menjadi destinasi wisata berkelas dunia.

"Image yang terbangun Bali, Yogyakarta itu tempatnya liburan orang mapan, orang kaya, selebriti dan kepala negara," ucap Menpar Arief Yahya.

Cerita liburan Obama di destinasi Bali, Jogja, Bogor itu sendiri secara organik sudah menarik buat media. Cerita Obama itu benar-benar datang dari apa yang dia rasakan, apa yang dia nikmati dan apa yang menjadi pengalaman hidupnya. Tanpa rekayasa, tanpa skenario. "Semua berjalan apa adanya!" kata Arief Yahya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jokowi Soal Bertemu Paloh: Tak Perlu Siapa Inisiatif, yang Penting Buat Negara

Jokowi Soal Bertemu Paloh: Tak Perlu Siapa Inisiatif, yang Penting Buat Negara

Menurut Jokowi, tidak penting siapa yang mengundang dan memiliki inisiatif untuk bertemu.

Baca Selengkapnya
Jokowi Akui Sudah Beri Ucapan Selamat ke Prabowo-Gibran

Jokowi Akui Sudah Beri Ucapan Selamat ke Prabowo-Gibran

Jokowi mengungkap pertemuan itu dihadiri empat orang, namun ia enggan membeberkan siapa saja pihak yang dimaksud.

Baca Selengkapnya
Ditanya Nama Ibu Kota Negara Baru, Jawaban Ibu-ibu di Banyuwangi Ini Bikin Jokowi Ngakak sampai Sakit Perut

Ditanya Nama Ibu Kota Negara Baru, Jawaban Ibu-ibu di Banyuwangi Ini Bikin Jokowi Ngakak sampai Sakit Perut

Jokowi yang tak tahan membendung tawa akhirnya langsung meminta Tari mengambil sepedanya saja.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jokowi Tetapkan 16 Hari Libur di Tahun 2024, Ini Daftarnya

Jokowi Tetapkan 16 Hari Libur di Tahun 2024, Ini Daftarnya

Daftar 16 hari libur yang ditetapkan Jokowi tahun 2024

Baca Selengkapnya