Pakai E-Pasport, Ini Keuntungan yang Bisa Didapat

Saatnya mengganti paspor lama dengan e-paspor yang memiliki banyak keuntungan.

Ratih Wulan
| 8 Juli 2016 14:10

Dream - Memiliki pasport menjadi sebuah keharusan bagi setiap treveller. Apalagi saat ini sudah ada bentuk paspor baru yang lebih canggih berupa electronic-paspor atau e-paspor.

Pemegang e-paspor memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Dokumen identitas ini sudah dilengkapi dengan chip yang otomatis terbaca di auto gate bandara yang memiliki fasilitas serupa.

Bagi Anda yang sering berpergian ke negara lain, sudah saatnya mencoba layanan yang satu ini. Saat berlibur ke luar negeri, nantinya Anda tidak perlu repot mengantrie untuk mengecap lembaran pasport. 

Beberapa negara menerapkan sistem ini karena alasan keamanan dan untuk mencegah pemalsuan data identitas diri. Bahkan, kunjungan ke negara yang telah menerapkan bebas visa seperti jepang, menjadi lebih mudah karena hanya perlu menyerahkan e-paspor dan formulir saja.

Bagi yang berminat mendaftarkan diri, langsung datangi kantor imigrasi yang telah ditunjuk. Sementara ini baru kantor imigrasi Jakarta, Surabaya dan Batam yang telah mengantongi lisensi untuk mengeluarkan e-paspor.

E-paspor berlaku selama lima tahun dengan biaya pengurusan administrasi sebesar Rp. 665 ribu. Hindari agar e-paspor tidak sampai tertekuk, terbanting, basah atau terpapar sinar matahari langsung karena dpat merusak chip di dalamnya.

 

Topik Terkait :

Eksklusif! Sonny Tulung: Indonesia Bangsa Tahan Uji

Jangan Lewatkan