Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kim Jong Un Bela Palestina, Restoran Gaza Beri Diskon Khusus

Kim Jong Un Bela Palestina, Restoran Gaza Beri Diskon Khusus (Foto: Twitter/@Ali_Kourani)

Dream - Pemandangan yang tidak biasa menyambut pengunjung di sebuah restoran shawarma di kamp pengungsi Jabaliya di Gaza. Tampak sebuah poster menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan bendera Korea Utara dan sebuah bendera Palestina. Di dalamnya tertulis penawaran khusus: diskon 80 persen untuk pelanggan Korea Utara.

Meskipun tidak ada orang Korea Utara di Gaza, isyarat tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan rasa syukur kepada negara tersebut karena telah mengecam keputusan Presiden Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

korut

"Kami berterima kasih (Kim) atas kata-kata ini," ujar Rami Raba, salah satu pemilik restoran, kepada Newsweek. Dia menjelaskan bahwa poster itu memiliki makna simbolis, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa ada seseorang yang cukup kuat untuk berdiri dan mengatakan "tidak" kepada Amerika Serikat.

Keputusan Trump, yang diumumkan pada 6 Desember, mengabaikan saran dari sekutu AS seperti Prancis dan telah merusak upaya negosiasi perdamaian antara Israel dan Palestina.

Keputusan tersebut pun disambut dengan unjuk rasa keras dari para pemimpin Muslim dan memicu bentrokan antara Palestina dan pasukan keamanan Israel di Gaza dan Tepi Barat, seperti yang dilaporkan Reuters.

 

 

'Kami Mencari Martabat, Bukan untuk Uang'

Bagi Raba, keputusan Trump telah menghina warga Palestina. "Kami mencari martabat, bukan untuk uang; itu sebabnya kami memasang iklan ini," katanya.

Kementerian Luar Negeri Korea Utara menambahkan suara-suara penghukuman, memanggil Trump sebagai "dotard" yang telah menunjukkan "warna asli AS" - negara yang mengabaikan pendapat masyarakat internasional.

"Kami, dari gagasan eksternal kita tentang kemerdekaan, perdamaian dan persahabatan, mengutuk aksi AS saat ini dan menyatakan dukungan dan solidaritas kami kepada orang-orang Palestina dan orang-orang Arab lainnya karena alasan mereka untuk mendapatkan kembali hak-hak mereka yang sah," ujar juru Bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara, dikutip Kantor Berita KCNA.

Korea Utara memiliki sejarah panjang hubungan hangat dengan pemerintah Palestina, menjadi tuan rumah salah satu misi diplomatik mereka di Pyongyang dan bertukar pesan pada acara-acara resmi.

"(Kim) bukan seorang Muslim, Kristen atau Arab, dia bahkan tidak berada di Timur Tengah, tapi dia mendukung kami," kata Raba.

(Sumber: newsweek.com) 

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Krisis Makanan, Warga Gaza Terpaksa Makan Pakan Ternak
Krisis Makanan, Warga Gaza Terpaksa Makan Pakan Ternak

Saed harus mencari makan apapun berupa tanaman berdaun dan gulma yang bisa ditemukan.

Baca Selengkapnya
Tak Hanya Ingin Gaza Dibom Nuklir, Menteri Israel Mau Hapus Bulan Ramadan
Tak Hanya Ingin Gaza Dibom Nuklir, Menteri Israel Mau Hapus Bulan Ramadan

Eliyahu beberapa kali membuat geger publik karena ucapannya, salah satunya saat mengatakan ingin menjatuhkan bom nuklir ke Jalur Gaza

Baca Selengkapnya
Setelah Menyerang Warga Sipil, Israel Kini Rampok Uang Rp845 Miliar di Bank Gaza Palestina
Setelah Menyerang Warga Sipil, Israel Kini Rampok Uang Rp845 Miliar di Bank Gaza Palestina

Tentara Israel juga mengincar rumah-rumah yang penghuninya diminta untuk mengungsi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Ketika Diajak Buat Konten
NOTED KAK! Ketika Diajak Buat Konten

Pernah nggak sih kamu ngumpet karena takut diajak temen bikin konten? Kalau pernah, kamu tentu paham yang dirasakan rekan kita ini.

Baca Selengkapnya