Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kini Naik Kereta Bisa Pakai GeNose C19 dari Stasiun Gambir

Kini Naik Kereta Bisa Pakai GeNose C19 dari Stasiun Gambir Calon Penumpang Kereta Api Memanfaatkan Layanan GeNose Di Stasiun Pasar Senen (Shutterstock.com)

Dream - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menambah stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19. Salah sat stasiun tersebut yaitu Gambir.

Buat kamu yang akan naik kereta, bisa memanfaatkan layanan GeNose ini di Stasiun Gambir mulai Senin, 15 Februari 2021. Layanan tersedia setiap hari pada pukul 07.00-19.30 WIB dengan tarif murah kok, cuma Rp20 ribu.

"Pada hari pertama layanan GeNose berlangsung di Stasiun Gambir, tercatat hingga pukul 13.00 WIB terdapat sekitar 250 calon penumpang yang telah menggunakan layanan tersebut," ujar Humas KAI Daop I, Eva Chairunnisa, melalui keterangan tertulis.

Untuk bisa mengakses layanan ini, kamu harus punya tiket atau kode booking Kereta Api Jarak Jauh yang sudah dibayar lunas. Hasil tes GeNose bisa kamu pakai pada stasiun keberangkatan manapun selain Stasiun Gambir.

Misalnya, kamu akan berangkat dari Stasiun Pasar Senen. Hasil tes GeNose yang kamu lakukan di Stasiun Gambir tetap bisa dipakai.

"Calon penumpang yang akan melakukan tes GeNose C19 juga dianjurkan tidak merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum tes untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19," ucap Eva.

Cara tesnya cukup mudah. Kamu akan diminta meniup kantong hingga penuh dan mengikuti petunjuk petugas di lokasi pemeriksaan.

Pada saat proses pengambilan sampel melalui hembusan napas ke dalam kantong udara, kamu wajib tetap menggunakan masker. Sedangkan kantong ditiup melalui lubang bawah masker yang sedikit direnggangkan.

"Jika ditemukan hasil tes positif pada calon penumpang KA Jarak Jauh yang menggunakan GeNose C19, maka akan dilakukan penanganan di ruang isolasi sementara oleh petugas kesehatan," ucap Eva.

Calon penumpang dengan hasil positif tidak dibolehkan naik kereta. Biaya tiket yang sudah dibayar dikembalikan penuh dan kamu akan diarahkan untuk memeriksakan diri ke rumah sakit.

Eva menjelaskan penambahan lokasi layanan GeNose di Stasiun Gambir merupakan bentuk dukungan KAI pada program pemerintah untuk penerapan protokol kesehatan. Penumpang kereta jarak jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

"Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan," ucap dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Daftar Gedung di IKN yang Siap Beroperasi Juni 2024

Daftar Gedung di IKN yang Siap Beroperasi Juni 2024

Daftar gedung di IKN yang ditargetkan rampung pada Juni 2024

Baca Selengkapnya
Kawal Sistem Pertahanan Nasional, Ganjar Pranowo Ingin RI Punya Duta Besar Siber

Kawal Sistem Pertahanan Nasional, Ganjar Pranowo Ingin RI Punya Duta Besar Siber

Untuk meningkatkan pertahanan siber, menurut Ganjar membutuhkan duta siber

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Lomba Kupas Kuaci

BUNGKUS! Lomba Kupas Kuaci

Iseng lagi ngumpul tapi nggak tahu mau ngapain? Coba beli dan isi waktu kosong weekend dengan lomba kupas kuaci. Siapa yang menang?

Baca Selengkapnya