Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Koper Ini Bisa Jalan Sendiri di Bandara, Mau?

Koper Ini Bisa Jalan Sendiri di Bandara, Mau? Ilustrasi Bandara (Pixabay)

Menenteng koper sendiri saat di bandara kadang memang menyusahkan. Tapi sebentar lagi hal ini bakal segera ditinggalkan di masa depan.

Beberapa ilmuwan gila akan membuat hidup Anda lebih nyaman saat traveling.

Sebuah perusahaan teknologi ForwardX Robotics meluncurkan kreasi terbarunya yang dinamai CX-1, di acara pratinjau di Consumer Electronics Show di Las Vegas, Amerika Serikat.

CX-1 mungkin terlihat seperti koper pada umumnya, tetapi tentu saja temuan ini bakal membuat traveler terkagum-kagum.

Menurut UberGizmo, koper berisi sensor ini akan melacak pemiliknya ke mana pun dia pergi. Kemudian akan mengikuti mereka seperti anjing yang terlatih dengan menggunakan sistem penggerak pada keempat rodanya. Koper ini juga mampu menghindari gundukan dengan lihai di sepanjang jalan berkat kamera sudut 170 derajat.

Koper ini diklaim tidak akan pernah hilang karena menggunakan pelacakan dan identifikasi algoritma yang sangat canggih untuk mengidentifikasi pemiliknya. Alarm pada koper akan berbunyi nyaring jika terlalu jauh dari pemiliknya, atau jika seseorang mencoba mencurinya.

Koper dikontrol menggunakan gerakan tangan sederhana, memastikan pengguna tidak perlu "bermain-main dengan kontrol apa pun" untuk membuatnya bergerak. Bahkan, mereka tidak perlu berbalik untuk memeriksa kopernya.

Meski keren, ada satu klaim dari perusahaan itu yang tidak sepenuhnya benar. Perusahaan mengatakan koper itu adalah yang pertama dari semua temuan canggih yang pernah ada.

Pada 2016, Travelmate Robotics, perusahaan yang berbasis di California, mengumpulkan uang melalui situs crowdfunding Indiegogo untuk membuat koper robot serupa. Orang-orang sangat bersemangat sehingga perusahaan benar-benar mengumpulkan lebih dari US$790.000 atau sekitar Rp11 miliar, untuk pesanan pertamanya.

Koper Travelmate, seperti ForwardX's, menggunakan gerakan tangan untuk bergerak, dapat mengikuti pemiliknya, dan juga memiliki charger internal sehingga pengguna dapat mengisi daya perangkat mereka saat bepergian.

Sementara ForwardX Robotics belum mengumumkan tanggal rilis, Travelmate Robotics sudah menjual dan mengirimkan model mereka seharga US$1,095 atau setara dengan Rp15 juta untuk koper kecil, dan US$1,495 (Rp21 juta) untuk koper besar.

Namun, apa pun yang akan membantu membuat perjalanan lebih mudah pasti akan diminati, dan mungkin persaingan akan menurunkan harga, membuat teknologi seperti ini lebih terjangkau bagi kita semua.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Begini Cara Perpanjang Paspor Jalur Cepat Satu Hari Jadi

Begini Cara Perpanjang Paspor Jalur Cepat Satu Hari Jadi

Cukup satu hari saja, pspor sudah di tangan. Biaya yang dikeluarkan memang lebih mahal.

Baca Selengkapnya
Kondisi Jalan Lokasi Mobil Keluarga Tewas Terjebak Lumpur, Warga ‘Ngeri’ Melintas

Kondisi Jalan Lokasi Mobil Keluarga Tewas Terjebak Lumpur, Warga ‘Ngeri’ Melintas

Jalan lokasi mobil keluarga tewas usai terjebak lumpur disebut jarang dilewati warga.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.