Kota Hantu Ini Laku Terjual Rp19,4 Miliar

Siapa pembelinya?

Arie Dwi Budiawati
| 23 Juli 2018 13:30

Dream – Kota 'hantu' di Amerika Serikat terjual. Nilainya mencapai US$1,4 juta atau sekitar Rp20 miliar.

Dikutip dari CNN Travel, Jumat 20 Juli 2018, kota 'hantu' ini bernama Cerro Gerdo. Kota tersebut dikenal sebagai kota hantu abad ke-19 di California.

Ya, Cerro Gordo bukanlah kota penuh hantu. Istilah kota hantu dimaksudkan untuk kota-kota yang sudah ditinggalkan penghuninya dengan berbagai alasan.

Cerro Gordo yang berjarak 321 km sebelah utara Los Angeles ini ramai penduduk pada pertengahan abad 19 seiring dibukanya tambang perak dan timah disana. Pada akhir ke-19, kota ini mulai ditinggalkan penduduknya karena harga perak dan timah jatuh.

 

 Kota hantu ini laku Rp19,4 miliar.

Kota Cerro Gordo berdiri di kawasan lereng Pegunungan Inyo seluas 1.200 meter persegi. Hingga kini, kota tersebut masih menyisakan 22 bangunan, mulai dari hotel, gereja hingga museum. Beberapa rumah penduduk juga masih berdiri disana.

Agen properti, Jake Rasmuson, menjual kota hantu kepada pria Amerika, yaitu Brent Underwood dengan harga US$1,4 juta. Awalnya, kota ini dijual dengan harga US$925 ribu atau sekitar Rp14 miliar.

Karena peminatnya membludak, Rasmuson memutuskan Underwood sebagai pembelinya. Selain menawarkan harga yang menarik, Underwood juga berjanji akan membuat kota ini dibuka untuk umum.

 Pembelinya ingin memugar kota hantu ini.

Underwood berencana akan memugar kota ini menjadi destinasi wisata sejarah. Dia juga membaca empat buku sejarah demi bisa memugar kota tersebut. Terlebih dahulu, dia akan membuat tempat penginapan, lalu menyediakan koneksi internet agar turis betah berlama-lama di kota hantu.

" Cerro Gordo adalah bagian nyata dari sejarah Amerika yang tidak mungkin ditiru," kata Underwood.

(Laporan: Rahma Yulius)

Topik Terkait :

#MovieTalk DOA : Cari Jodoh - Fedi Nuril Main Film Komedi

Jangan Lewatkan