Lengangnya Tokyo Usai Merebaknya Wabah Virus Corona

Masyarakat Tokyo banyak membatasi aktivitas di luar ruangan.

Ahmad Baiquni
| 5 Maret 2020 18:19

Dream - Virus corona benar-benar meningkatkan aspek kewaspadaan. Virus tersebut juga membuat aktivitas manusia terganggu.

Banyak orang takut keluar rumah agar tidak tertular virus ini. Alhasil, aktivitas suatu daerah menjadi begitu sepi.

Demikian halnya dengan Tokyo, Jepang. Kota yang terkenal sibuk ini kini terlihat lengang akibat banyaknya orang membatasi aktivitas di luar rumah.

Situasi yang terjadi sebenarnya tidak terlalu berbeda antara sebelum dan sesudah kasus infeksi Covid-19 masuk ke Jepang. Orang tetap berlalu lalang dengan cepat namun mengenakan masker.

Suasana sepi baru terlihat di stasiun kereta. Tak begitu banyak orang terlihat di peron menunggu kereta.

Padahal, stasiun selalu ramai ketika suasana normal. Peron pun cukup padat diisi penumpang yang akan naik kereta.

" Kan memang sekolah diliburkan, perkuliahan juga, dan beberapa temapt wisata ditutup, tapi untuk bekerja tidak semua kantor menginstruksikan remote or work from home," kata pemandu sekaligus penterjemah, Didik Lutfi.

Belakangan memang banyak terlihat orang memakai masker di Tokyo. Tetapi, barang tersebut saat ini ternyata susah didapat.

Hal ini dibenarkan oleh Senior Assistant Manager Southeast Asian Section Overseas Promotion Department, Majed Komiyama. Dia mengatakan hari-hari ini masker jadi barang langka di Tokyo.

" Jika dicari sekarang, sangat sulit. Bisa dikatakan tidak ada lagi masker. Di mart sekitar stasiun? Tidak akan ditemukan satu pun," kata Majed.

Memang dalam beberapa bulan belakangan, tingkat kewaspadaan di Tokyo ditingkatkan. Hand sanitizer bahkan mudah sekali ditemukan di sejumlah ruang publik dan tempat wisata.

Seperti di Hotel Tagawa yang berlokasi di Prefektur Nagano. Pengelola hotel menyediakan hand sanitizer di tiap sudut yang mudah dijangkau.

Di dekatnya diletakkan petunjuk penggunaan. Tetapi, orang asing tetap bisa mengerti karena tidak hanya memuat tulisan namun juga gambar untuk menerangkan cara penggunaan hand sanitizer.

Sumber: Liputan6.com/Dini Nurilah

Topik Terkait :

Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting

Jangan Lewatkan