Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Lestarikan Wisata Kuliner Nusantara Lewat Teknologi

Lestarikan Wisata Kuliner Nusantara Lewat Teknologi (Foto: Ratih Wulan/Dream.co.id)

Dream - Wisata kuliner terus mendapat perhatian khusus dari para pelaku pariwisata. Upaya ini berkaitan dengan komitmen para pelaku industri makanan dalam menjalankan misi sosial melestarikan warisan kuliner Nusantara.

Tak ingin cita masakan Nusantara tergerus dan tinggal menjadi sejarah, Bango, produk dari PT Unilever Indonesia Tbk mencoba ambil bagian dengan membentuk sebuah ekosistem yang merangkul berbagai pihak. Legenda kuliner, komunitas pecinta kuliner, bahkan para ibu rumah tangga tergabung dalam komunitas ini.

"Dalam kegiatan semacam Festival Jajanan Bango (FJB) itu banyak yang menanyakan resep. Ternyata mereka semangatnya tinggi nggak cuma jajan tapi pingin tahu juga cara memasaknya," ungkap Senior Brand Manager Bango PT Unilever Indonesia Tbk, Nuning Wahyuningsih.

Antusiasme masyarakat dalam mencicipi kuliner Nusantara juga terjadi kala FJB digelar di Singapura tahun lalu. Meskipun hanya menghadirkan empat jajanan berupa Kupat Tahu Gempol, Ayam Taliwang, Soto Pak Sadi Kudus dan Gudeg Yu Nap Yogyakarta, namun stan kuliner dari Indonesia selalu paling dinanti.

"Makanan Indonesia kan terkenal terlalu pedas dan bule nggak suka. Saat itu tidak kita ubah bumbunya, tapi mereka ngantre panjang banget dan jam lima sore abis," imbuhnya saat dijumpai di Restoran Oasis Jakarta Pusat, Kamis, 21 April 2016.

Ayam Taliwang dan Soto Pak Sadi menjadi dua menu yang paling difavoritkan masyarakat Singapura. Nuning beranggapan, karena kedua masakan itu diracik dengan rempah yang kaya rasa sehingga membuat lidah terus ketagihan.

Melihat respon positif ini, maka mereka berusaha mengambil peranan dengan meluncurkan mobile site. Sebuah layanan khusus bagi pecinta kuliner yang ingin mencari rekomendasi menu atau tempat makan khas Nusantara.

Dibandingkan dengan situ-situs kuliner lain, Nuning mengklaim, mobil site Bango berbeda karena dilengkapi dengan cara masak khusus maupun bahan rahasia yang diwariskan para legenda kuliner. Dalam website ini, para peselancar dunia maya dapat menemukan 2000 rekomendasi makanan.

"Para pengusaha restoran mau berbagi resep rahasia karena mereka percaya sama kami, dan pasti ada hubungan simbiosis mutualisme. Jadi buat ibu-ibu yang mau cari resep bisa buka website tapi kalau mau wisata kuliner buka yang mobile site," tandas Nuning.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
3 Tren Inovasi Kuliner Indonesia yang Akan Mendominasi di 2024

3 Tren Inovasi Kuliner Indonesia yang Akan Mendominasi di 2024

Tren kuliner lokal terbagi menjadi 3 kategori. Kuliner yang menjadi favorit pun tidak selamanya memiliki cita rasa tradisional.

Baca Selengkapnya
Intip Tren Kuliner Terlaris yang Dipesan Online 2023, Mana yang Sering Kamu Pesan?

Intip Tren Kuliner Terlaris yang Dipesan Online 2023, Mana yang Sering Kamu Pesan?

Memesan makanan melalui aplikasi online masih menjadi pilihan masyarakat untuk menjaga pengeluaran finansial mereka.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.