Plesir ke Luar Negeri Tanpa Khawatir Roaming, Ini Tipsnya

Bagi Anda yang liburan di luar negeri, biaya roaming tentu bisa jadi penghambat dalam menikmati liburan. Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk mengantisipasi biaya roaming yang membengkak.

Puri Yuanita
| 10 Juli 2016 13:20

Dream - Meski libur lebaran sudah akan berakhir, smasa-masa liburan masih cuku panjang. Beberapa dari Anda pasti sudah merencanakan perjalanan yang menyenangkan, baik itu di dalam maupun di luar negeri.

Nah bagi Anda yang liburan di luar negeri, biaya roaming tentu bisa jadi penghambat dalam menikmati liburan. Apalagi jikakoneksi internet sedang sangat dibutuhkan untuk mencari tempat-tempat populer atau sekadar berbagi cerita keseruan liburan.

Untuk mengantisipasi hal itu, berikut kami sajikan cara bagaimana Anda dapat menelusuri internet ketika berada di luar negeri dengan biaya murah.

1. Temukan penawaran roaming

Sebelum berangkat ke bandara, periksa operator seluler Anda. Pastikan provider tersebut memiliki penawaran paket roaming internasional, yang dapat membantu menghemat pemakaian data.

Ketika sampai pada tempat tujuan, gunakan waktu untuk membaca SMS dari operator seluler dengan seksama. SMS tersebut biasanya berisi rincian biaya untuk panggilan, SMS dan pemakaian paket data selama liburan.

2. Beralih ke browser yang menurunkan penggunaan data pada halaman web

Jika Anda menggunakan data lebih sedikit tentunya Anda dapat menghemat uang, dan menelusuri internet lebih cepat ketika berada di lokasi dengan sinyal lemah. Nah, mobile browser Opera Mini dapat menekan penggunaan data pada halaman web menjadi 10 persen dari ukuran aslinya, dan fitur penghitung data dapat menunjukkan banyaknya megabit yang tersimpan. Opera Mini juga berfungsi di zona Wi-Fi yang lambat dan digunakan banyak tempat seperti bandara dan kafe.

3. Matikan pencurian data

Matikan notifikasi dan data yang berjalan di latar belakang. Statistik menunjukkan bahwa data latar belakang saat aplikasi tidak digunakan dapat memakan data hingga 30 persen.

4. Matikan sinkronisasi

Jika Anda telah mengatur Dropbox, Facebook atau Google Drive untuk mengunggah foto-foto liburan dari ponsel Anda secara otomatis, matikan sinkronisasi ini di pengaturan, untuk mengurangi penggunaan data. Atau Anda bisa menyesuaikan pengaturan di smartphone sehingga foto-foto liburan hanya akan terunggah jika terhubung dengan Wi-Fi.

5. Kompres data di ponsel Anda!

Cobalah aplikasi yang dapat menghemat penggunaan data seperti Opera Max yang dapat memperkecil penggunaan data, gambar dan video di seluruh aplikasi di ponsel Anda. Opera Max juga memberitahu aplikasi yang mengkonsumsi data latar belakang paling banyak. Hal ini memungkinkan Anda untuk memblokir aplikasi tertentu yang menggunakan data seluler dan membatasinya dengan menggunakan Wi-Fi saja.

6. Siapkan segala macam hiburan di ponsel Anda!

Tentunya playlist musik dan film menjadi teman Anda selama di perjalanan. Selain itu Anda juga bisa mencoba menyimpan halaman-halaman web yang sering Anda kunjungi.

Beberapa browser seperti Opera Mini memiliki fitur yang memungkinkan Anda menyimpan halaman web dan dapat digunakan secara offline. Sehingga Anda dapat menggunakannya tanpa mengaktifkan roaming atau mencari Wi-Fi.

Nah sebelum pergi liburan, sebaiknya pelajari lebih lanjut tentang aplikasi hemat data dari Opera. Dan selamat liburan roaming!

Topik Terkait :

Salat Jamaah Perdana Deddy Corbuzier Bersama KH. Ma'ruf Amin

Jangan Lewatkan