Logo Wonderful Indonesia Bakal Diubah, Ini Alasannya

Logo promosi pariwisata Indonesia akan dibuat dengan desain yang lebih unik.

Ahmad Baiquni
| 24 Januari 2020 11:10

Dream - Logo promosi pariwisata Wonderful Indonesia bakal mengalami perubahan tahun ini. Promosi tersebut akan mengenakan materi yang baru.

Selama ini, kampanye Wonderful Indonesia menggunakan logo berupa sketsa Garuda. Belum diketahui desain baru dari logo yang akan dipakai.

" Wonderful Indonesia akan tetap ada sampai nanti diganti yang baru, yang akan launching pada Agustus 2020, tepat saat perayaan 75 tahun Indonesia merdeka," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, dikutip dari Liputan6.com.

Menteri yang akrab disapa Tama ini mengatakan perubahan logo ini menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Tama menyebut logo baru tersebut dibuat lebih kekinian.

" Justru nanti itu bisa lebih kreatif, inovatif, begitu," kata Tama.

Nantinya, logo baru tersebut tidak hanya untuk promosi pariwisata namun juga sektor lainnya. Terutama untuk menggenjot ekonomi kreatif.

" Ada ekonomi kreatif, untuk investasi, perdagangan," ucap dia.

 Logo Wonderful Indonesia

Foto: Shutterstock.com

Selanjutnya, Tama menjelaskan logo baru disusun seunik mungkin dengan mendasarkan pada riset tentang branding Indonesia di masa depan. Tujuannya agar tidak menyamai logo Kemenparekraf yang memiliki kesan lebih resmi sekaligus sehingga tidak menimbulkan kerancuan.

" Kalau loko kementeriannya unik, logo promosinya unik, kan bingung," kata Tama.

Menurut Tama, metode tersebut sudah banyak diterapkan sejumlah negara. Misalnya Australia dan Inggris yang menggunakan logo promosinya berbeda dengan logo kementeriannya.

Tama mengatakan logo kementerian harus resmi dan mengandung unsur lambang negaranya. Sedangkan logo promosi tidak harus demikian.

" Coba deh iseng lihat kementerian pariwisata yang di Inggris, Australia juga, logo resmi lambang negaranya dia. Tapi, (logo) promosinya ya beda. Jangan dibandingin logo kementerian dan pariwisata, ya beda," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/Dinny Mutiah

Topik Terkait :

Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam

Jangan Lewatkan