Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Malaysia Buka Lagi Sektor Pariwisata di Desember 2021

Malaysia Buka Lagi Sektor Pariwisata di Desember 2021 Wisata Langkawi (Shutterstock.com)

Dream - Malaysia berencana membuka kembali sektor pariwisata untuk pelancong mancanegara mulai Desember 2021. Kondisi ini dipicu mulai membaiknya pandemi di Negeri Jiran tersebut.

Ketika berbicara di hadapan Parlemen, Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia, Nancy Shukri, mengatakan Pemerintah ingin memantau lebih dulu perkembangan travel bubble yang diberlakukan di Langkawi sebelum membuka pariwisata. Travel bubble ini akan berjalan mulai 16 November 2021.

"Kalau kelihatannya bagus dan meskipun kami sudah menyatakan tiga bulan (pengamatan), saya rasa tidak sampai tiga bulan. Kemungkinan kita bisa membuka kembali lebih awal dari itu. Jadi kami berdoa semoga ini bisa terjadi dalam waktu dekat, setelah 16 November dan mungkin awal Desember," ujar Nancy.

Nancy juga menanggapi pertanyaan anggota parlemen mengenai kemungkinan pemberlakukan travel bubble untuk wilayah lain. Setelah melihat keberhasilan di Langkawi.

"Saat ini, karena perjalanan antarnegara diizinkan, tidak perlu lagi membuat gelembung perjalanan domestik," Nancy.

 

Wisata Langkawi

Menurut Nancy, dalam kurun waktu antara 16 September-15 Oktober 2021, Langkawi telah menerima lebih dari 100 ribu pengunjung. Pulau resor itu pertama kali dibuka untuk wisatawan domestik dengan skema travel bubble percontohan mulai 16 September 2021.

Kebijakan tersebut berlaku beberapa bulan setelah larangan perjalanan antarnegara bagian diberlakukan untuk mengekang penyebaran infeksi Covid-19.

Pada 11 Oktober 2021, Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yaakob mengumumkan dimulainya kembali perjalanan antarnegara bagian untuk individu yang divaksinasi Covid-19 lengkap. Keputusan ini diambil setelah 90 persen populasi orang dewasa Malaysia telah divaksinasi sepenuhnya.

Pada 22 Oktober 2021, Ismail mengumumkan Langkawi dibuka kembali untuk turis internasional yang divaksinasi. Pariwisata dibuka di bawah proyek percontohan travel bubble.

Sementara Senin, 25 Oktober 2021, dikutip Bernama, Nancy menyatakan travel bubble internasional Langkawi akan terbuka untuk wisatawan dari semua negara. Tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat untuk mengekang penyebaran pandemi Covid-19.

Berbagai protokol ini termasuk memastikan bahwa turis internasional akan menggunakan operator tur yang terdaftar di kementerian pariwisata untuk mengatur rencana perjalanan, dikutip dari Channel News Asia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

Pengenaan pajak wisata bagi WNA berlaku mulai 14 Februari 2024

Baca Selengkapnya
Hong Kong Kedatangan Lebih dari 252 Ribu Turis Indonesia Sepanjang 2023

Hong Kong Kedatangan Lebih dari 252 Ribu Turis Indonesia Sepanjang 2023

Momentum positif itu berlanjut hingga Februari 2024, dengan jumlah kedatangan mencapai 101%

Baca Selengkapnya
Netizen +62 Membalas, Unggah Video Liburan ke Kuala Lumpur Sindir Serasa Wisata ke Bangladesh

Netizen +62 Membalas, Unggah Video Liburan ke Kuala Lumpur Sindir Serasa Wisata ke Bangladesh

Aksi turis Malaysia memberikan rating 0 saat berwisata di Indonesia rupanya membuat sakit hati warga +62.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.