Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Malaysia Jadwalkan Pembukaan Perbatasan Untuk Wisata Awal Maret

Malaysia Jadwalkan Pembukaan Perbatasan Untuk Wisata Awal Maret Langkawi, Malaysia (Shutterstock.com)

Dream - Malaysia berencana membuka perbatasan untuk meningkatkan pendapatan nasional khususnya dari sektor pariwisata. Rencana ini, jika tidak ada perubahan, bakal diterapkan pada awal Maret 2022.

Dewan Pemulihan Nasional yang dipimpin eks Perdana Menteri Muhyiddin Yassin menyatakan perbatasan harus dibuka sepenuhnya untuk orang asing dari semua negara per 1 Maret.

"Kami setuju perbatasan negara dibuka sepenuhnya pada 1 Maret tanpa perlu karantina wajib," kata Muhyiddin.

Muhyiddin mengatakan rekomendasi tersebut diberikan setelah mempertimbangan sejumlah hal. Salah satunya, varian Omicron membuat alasan pembatasan dari negara tertentu menjadi tidak relevan.

Sementara, Malaysia membutuhkan ekonomi yang pulih terutama di sektor pariwisata dan penerbangan. Bergeraknya bisnis di dua sektor itu diyakini bakal mendorong sektor lain turut bergeliat.

"Dari pengarahan yang diberikan Menteri Kesehatan, sistem kesehatan masyarakat kami masih mampu mengatasi dan mengelola," kata Muhyiddin.

 

Meski begitu, turis asing yang akan masuk Malaysia tetap diharuskan tes Covid-19 sebelum berangkat dan saat tiba. Untuk saat ini, perbatasan Malaysia dibuka untuk kebutuhan tertensu seperti kondisi darurat, urusan dinas, dan lain-lain.

Malaysia menerapkan masa karantina wajib selama 7 hari untuk pendatang dari luar negeri yang sudah mendapat vaksin penuh. Sementara, bagi mereka yang baru menerima satu dosis vaksin atau belum sama sekali diwajibkan menjalani karantina selama 10 hari.

Pelancong yang telah menerima dosis booster diwajibkan menjalani masa karantina lima hari. Negara ini juga memiliki pengaturan jalur perjalanan vaksinasi bebas karantina (VTL) dengan Singapura sejak November 2021 dan travel bubble global di Langkawi, dikutip dari Straits Times.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP