Malaysia Masih Rajai Wisata Halal Dunia

Bukan hanya menjual konsep halal, tapi juga daya tarik alam serta budayanya.

Cynthia Amanda Male
| 31 Oktober 2018 20:02

Dream - Menjadi salah satu negara berpenduduk mayoritas muslim, Malaysia menduduki peringkat pertama sebagai tujuan wisata utama umat Islam. Hal tersebut terungkap lewat survei Global Muslim Travel Index (GMTI) 2018.

Peringkat pertama diduduki oleh Malaysia. Sementara Indonesia di peringkat kedua dan United Arab Emirates di peringkat tiga.

" Malaysia merupakan destinasi halal pertama dunia yang menyediakan hal-hal berkonsep halal. Biasanya, orang singgah ke Malaysia sembari melaksanakan umrah atau haji," ujar Roslan Othman, Direktur Kementerian Pariwisata Malaysia di Akmani Hotel, Jakarta Pusat, Rabu 31 Oktober 2018.

Konsep tersebut dibuktikan dengan menjamin kehalalan makanan. Bahkan maskapainya, Malaysia Airlines menyajikan menu halal di semua rute.

" Destinasi 'halal' berbeda dengan 'reliji'. Kalau reliji, seperti Makkah dan Medinah yang ada wisata makam para Nabi. Kalau halal, berarti tersedia makanan halal, tempat ibadah dan lain-lainnya," ujar Roslan.

Bukan hanya menjual konsep halal, tapi juga daya tarik alam serta budayanya. " Kemarin sudah mengangkat Kuala Lumpur, Putrajaya dan Melaka. Kali ini Langkawi, Kelantan dan Terengganu," kata Roslan.

 Malaysia Tourism Board

Melihat perkembangan negara tetangga, Indonesia pun tidak tinggal diam. Beberapa tempat di Indonesia mulai dijadikan destinasi halal, seperti Jawa Tengah.

" Semua pulau di Indonesia ada targetnya. Kemenpar lebih tertarik membangun fasilitas di beberapa wilayah Indonesia agar dianggap mampu untuk menyelenggarakan event Internasional," tutup Lionita, Advisor Malaysia Tourism Board.

Topik Terkait :

Ingin Terbang Lagi, Merpati akan Pakai Pesawat Ini

Jangan Lewatkan