Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Manjakan Penumpang, Kabin Pesawat A380 Qantas Tampil Baru

Manjakan Penumpang, Kabin Pesawat A380 Qantas Tampil Baru Ilustrasi (Foto: Qantas.com)

Dream - Penumpang Qantas akan dapat semakin nyaman menikmati perjalanan jarak jauh dengan armada A380. Pasalnya, Qantas telah mengumumkan pembaruan dan peningkatan mutu kabin untuk keduabelas pesawat Airbus A380 miliknya.

Qantas mengumumkan proyek pembaruan kabin A380 tersebut bersamaan dengan laporan keuangan FY17-nya yang dirilis beberapa waktu lalu.

Pembaruan kabin yang bernilai miliaran dolar ini mencakup, antara lain, perubahan susunan kursi di pesawat super jumbo tersebut. Hal ini demi memenuhi permintaan yang semakin meningkat terhadap kabin premium untuk rute Amerika, Eropa, dan Asia.

Qantas memfokuskan perubahan struktural pada dek atas untuk mencapai penggunaan ruangan yang lebih efisien. Yaitu, dengan mengeliminasi 30 kursi kelas Ekonomi serta mengatur ulang sejumlah partisi dan area kerja kru. Alhasil, A380 Qantas akan memiliki ruang ekstra untuk enam kursi tambahan di Kelas Bisnis dan 25 di kelas Ekonomi Premium. Dengan perubahan tersebut, jumlah kursi secara keseluruhan bertambah satu buah, dan kapasitas kursi premium pun meningkat 27%.

Beberapa elemen penting yang tercakup dalam pembaruan kabin A380 ini termasuk:

1. Mengganti "Skybeds" Kelas Bisnis dengan versi terbaru "Business Suites" Qantas, yang juga terkenal di kalangan Frequent Flyers dengan nama "Mini First Class". Dibandingkan "Skybeds", setiap kursi dalam "Business Suites" memiliki akses langsung ke lorong dan membuat ruang kabin terasa lebih longgar.

2. Menghadirkan kursi Ekonomi Premium dengan konfigurasi 2-3-2. Kursi tersebut 10% lebih lebar daripada model lama dan akan debut perdana dalam armada Dreamliner yang mulai beroperasi pada akhir tahun ini.

3. Menyusun ulang bagian depan dek atas A380 demi menghadirkan desain baru lounge penumpang, sehingga menawarkan ruang ekstra bagi penumpang First Class dan Kelas Bisnis untuk bersantap dan bersantai dengan lebih nyaman.

4. Meningkatkan mutu First Class, yang masih akan berada di dek bawah sesuai konfigurasi awal. Nantinya, setiap suite akan diperbaharui dengan menambahkan "contoured cushioning", atau susunan bantalan yang disesuaikan dengan bentuk tubuh, serta layar TV yang lebih besar dan beresolusi lebih tinggi.

5. Memperbarui Kelas Ekonomi dengan bantalan kursi baru dan fasilitas hiburan selama penerbangan yang lebih baik.

Qantas akan memulai pengerjaan proyek A380 ini pada kwartal kedua tahun 2019. Dengan bantuan integrasi desain dari tim Airbus, Qantas menargetkan pembaruan keduabelas pesawat akan selesai pada akhir 2020.

CEO Qantas Group Alan Joyce mengatakan pembaruan dan peningkatan mutu tersebut akan mengokohkan reputasi armada A380 Qantas dalam segi kenyamanan pada penerbangan jarak jauh.

"Konsumen sangat menyukai A380. Oleh karena itu, proyek untuk menghadirkan generasi kursi terbaru dan memastikan kenyamanan penumpang ini adalah investasi yang amat penting untuk mempertahankan status A380 kami sebagai salah satu pesawat terbaik untuk menempuh perjalanan di angkasa," kata Joyce, dikutip dari keterangan pers tertulis, Senin 28 Agustus 2017.

"Kami juga melihat semakin besarnya permintaan untuk Kelas Bisnis dan Ekonomi Premium pada rute-rute jarak jauh yang dilayani A380, termasuk dari konsumen yang menggunakan poin Qantas mereka untuk melakukan upgrade kelas. Setelah para penumpang kami merasakan kursi-kursi baru tersebut, kami berharap permintaan tersebut akan terus meningkat," lanjutnya.

"Kerja sama kami dengan Airbus telah memungkinkan Qantas untuk mencapai tata ruang yang jauh lebih efisien di dek atas. Alhasil, kami dapat menggunakan ruang ekstra yang dihasilkan untuk menambah kapasitas kursi kelas premium. Hal ini turut berkontribusi untuk meningkatkan potensi pendapatan serta efisiensi ekonomis pesawat secara keseluruhan," terang Joyce kembali.

"Dengan mengombinasikan peningkatan mutu tersebut dengan investasi lainnya yang telah kami lakukan dari segi pengadaan pesawat dan kabin baru, konsistensi Qantas sebagai penyedia kursi kelas premium di seluruh armada A380, A330, dan 787 Dreamliner akan semakin terjaga," tambah Joyce.

Qantas akan mulai meluncurkan sejumlah elemen dari pembaruan tersebut pada akhir tahun ini, termasuk matras memory foam dan menu pilihan bantal di First Class.

Qantas juga terus mengeksplorasi berbagai teknologi baru untuk dapat menawarkan layanan Wi-Fi berkecepatan tinggi pada rute internasionalnya. Sebuah uji coba yang dilakukan di A380 pada tahun 2012 menunjukkan rendahnya adopsi oleh konsumen karena koneksi internet yang lambat ketika melewati laut lepas yang terpencil.

Layanan Wi-Fi berkecepatan tinggi untuk rute domestik pun hanya terpenuhi baru-baru ini, berkat teknologi dan satelit generasi baru di atas dataran Australia. Qantas berkeinginan untuk menjadi maskapai Australia pertama yang menawarkan Wi-Fi generasi baru pada rute internasional begitu layanan tersebut dimungkinkan.

Dengan keberadaan 787 Dreamliner yang akan mengakomodasi rute Melbourne-London (via Perth), sejumlah A380 akan memiliki lebih banyak waktu kosong. Hal ini memungkinkan Qantas untuk mengoperasikan armada A380-nya secara lebih reguler di sejumlah rute Asia. Detail lebih lanjut tentang rute-rute terbaru A380 akan diumumkan secara terpisah.

Setelah melalui proses pembaruan, kapasitas A380 Qantas akan menjadi: 14 kursi First Suites (tetap), 70 kursi Business Suites (mencakup enam unit tambahan), 60 kursi Ekonomi Premium (mencakup 25 unit tambahan), dan 341 kursi Ekonomi (berkurang 30 kursi), dengan total 485 penumpang (bertambah satu penumpang).

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Fakta-Fakta Mengerikan Saat Jendela Pesawat Alaska Airlines Copot di Udara: Seorang Bocah Hampir Tersedot Keluar
Fakta-Fakta Mengerikan Saat Jendela Pesawat Alaska Airlines Copot di Udara: Seorang Bocah Hampir Tersedot Keluar

Heboh jendela pesawat Alaska Airlines copot saat terbang

Baca Selengkapnya
Video Detik-Detik Pesawat Japan Airlines Angkut 300 Penumpang Terbakar di Landasan, Diduga Tabrak Pesawat Lain Saat Mendarat
Video Detik-Detik Pesawat Japan Airlines Angkut 300 Penumpang Terbakar di Landasan, Diduga Tabrak Pesawat Lain Saat Mendarat

Pesawat yang mengangkut 300 penumpang itu diduga menabrak pesawat lain di ujung bandara.

Baca Selengkapnya
Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat
Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat

Setiap bandara membutuhkan tukang parkir pesawat demi kelancaran operasional.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Video Mencekam di Dalam Kabin Pesawat Japan Airlines yang Terbakar, Penumpang Ketakutan: Benar-Benar Neraka
Video Mencekam di Dalam Kabin Pesawat Japan Airlines yang Terbakar, Penumpang Ketakutan: Benar-Benar Neraka

Pesawat Japan Airlines yang mengangkut 379 penumpang terbakar di Bandara Haneda. Begini kondisi mencekam di dalam kabin.

Baca Selengkapnya
Ada Keajaiban! Begini Kronologi 367 Penumpang Japan Airlines Selamat Padahal Pesawatnya Habis Terbakar
Ada Keajaiban! Begini Kronologi 367 Penumpang Japan Airlines Selamat Padahal Pesawatnya Habis Terbakar

Penjelasan bagaimana seluruh penumpang bisa selamat dari kebakaran kecelakaan pesawat Japaan Airlines.

Baca Selengkapnya
Hilang 10 Tahun, Biaya Pencarian Pesawat MH370 Habiskan Rp3,14 Triliun
Hilang 10 Tahun, Biaya Pencarian Pesawat MH370 Habiskan Rp3,14 Triliun

Pesawat MH370 yang Hilang Selama 10 Tahun Telan Biaya Pencarian Mencapai Rp3,14 Triliun

Baca Selengkapnya
Mendadak Alih Profesi Jadi Dokter, Aksi Pilot Bantu Persalinan Penumpang di Tengah Penerbangan Ini Tuai Pujian
Mendadak Alih Profesi Jadi Dokter, Aksi Pilot Bantu Persalinan Penumpang di Tengah Penerbangan Ini Tuai Pujian

Ayah satu anak itu kemudian menyerahkan kendali pesawat kepada kopilot wanita.

Baca Selengkapnya