Masjid Kuno Bacan dan Misteri Nisan Makam yang Tumbuh Sendiri

Percaya tak percaya, fenomena tersebut benar-benar ada. Dan tetap menjadi misteri yang sulit terungkap sampai sekarang.

Puri Yuanita
| 6 Oktober 2017 11:51

Dream - Ada begitu banyak fenomena 'ajaib' di dunia yang keberadaannya sulit diterima nalar manusia. Bahkan kemunculannya sulit dijelaskan dari sisi sains.

Namun percaya tak percaya, fenomena-fenomena tersebut benar-benar ada. Dan tetap menjadi misteri yang sulit terungkap sampai sekarang.

Seperti fenomena aneh yang ada di Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara ini. Di wilayah tersebut terdapat sebuah makam misterius yang batu nisannya 'tumbuh' sendiri.

Makam misterius itu terletak berdekatan dengan masjid bersejarah Kesultanan Bacan dan pemakaman khusus keluarga Sultan. Dan warga setempat menyebutnya 'Jere'.

Kemunculan Jere masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Bahkan warga setempat pun hingga kini dibuat penasaran. Tak ada yang tahu pasti kapan Jere ini muncul. Tiba-tiba sudah ada sepasang batu nisan yang muncul seperti tumbuh dari dalam tanah.

Dan ternyata, konon Jere ini pun bisa muncul di berbagai lokasi yang tidak terduga-duga. Menurut informasi, bahkan pernah ada Jere yang muncul di tengah jalan. Tapi tidak diketahui pasti siapa yang dimakamkan di dalamnya.

Meski masih menjadi misteri, warga setempat meyakini jika Jere adalah makam para aulia atau ulama penyebar agama Islam yang dulu hidup di wilayah Ternate, Maluku Utara.

Nah, untuk Jere yang ada di dekat Masjid Kesultanan Bacan sendiri, batu nisannya berwarna hitam. Dan makamnya sengaja ditambahi keramik sebagai penanda. Lokasi Jere ini hampir menempel dengan dinding masjid. Selain di Pulau Bacan, fenomena Jere bisa dijumpai di beberapa kelurahan lain di Kota Ternate. Wallahu a'lam bishawab...

Berikut videonya:

(Berbagai sumber)

Selanjutnya :

Misteri 2 Makam di Atas Landasan Pacu Bandara

Topik Terkait :

Mengenal Gejala Difteri Pada Anak

Jangan Lewatkan