Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Masjid Pesantren Walisanga Resmi Berdiri di Ende Selatan

Masjid Pesantren Walisanga Resmi Berdiri di Ende Selatan Masjid Asy-Syukur, Pondok Pesantren Walisanga, Ende Selatan

Dream - Uluran tangan dan satuan sinergi PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) dengan Kementerian Sosial RI kiranya dapat menjadi suatu gerakan pembangunan yang baru di Indonesia Timur. Di awal tahun 2018 ini, JAPFA mewujudkannya dengan merampungkan pengerjaan Masjid Asy-Syukur, Pondok Pesantren Walisanga, Ende Selatan bersinergi dengan Kementerian Sosial RI.

"Melihat visi dan cita-cita yang baik, tentunya JAPFA dengan senang hati menyambut ajakan bersinergi untuk merampungkan pengerjaan Masjid Asy-Syukur. Hal tersebut juga sejalan dengan misi JAPFA untuk memulai langkah, menjalin kolaborasi, mewujudkan harmoni untuk kesejahteraan bersama," tutur R. Artsanti Alif, Head of Social Investment PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, dikutip dari keterangan pers tertulis, Rabu 31 Januari 2018.

Pondok Pesantren Walisanga merupakan wujud nyata dari komitmen Alm. H. Mahmud EK untuk mendirikan suatu wadah tempat anak-anak tidak mampu, terlantar, dan tidak berpendidikan memperoleh pendidikan nilai. Pondok pesantren memiliki tiga lembaga pendidikan, yakni PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), MTs (Madrasah Tsanawiyah), dan MA (Madrasah Aliyah).

masjid ende

"Memiliki lembaga pendidikan, merupakan visi Abah untuk membangun pusat belajar bagi warga didiknya dan menjadikannya wadah penghubung antara warga pondok pesantren dan sekitarnya. Abah memulai misi pembangunan masjid yang berada dibawah kaki Gunung Meja ini pada tahun 2004," ujar Siti Halimah, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Walisanga dan anak dari Alm. H. Mahmud EK.

Amat disayangkan Pondok Pesantren Walisanga sempat dilanda tantangan keterbatasan dana dalam pengerjaan masjid, yang menjadikan proyek ini dihentikan. Dan masjid dialihfungsikan menjadi tempat beristirahat bagi para santri di malam hari. Namun, dimulai pada November 2017, harmoni dari kolaborasi antara JAPFA dan Kemensos RI ini terwujud lewat berdirinya Masjid Asy-Syukur sepenuhnya di tahun ini.

masjid ende

"Kemensos RI sangat mengapresiasi inisiasi JAPFA sebagai pelaku usaha untuk terus berkomitmen menjalankan program kepedulian sosialnya. Bahkan hal tersebut terwujud pada aspek pembangunan, tidak hanya masjid tapi juga instalasi pompa air untuk keperluan pondok pesantren," jelas Mira Riyati Kurniasih, Direktur Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial Kemensos RI.

Gagasan sinergi JAPFA dan Kemensos RI bermula dari Ibu Khofifah Indar Parawansa, yang saat itu masih menjabat sebagai Menteri Sosial RI yang ingin menggandeng JAPFA bersama-sama bersinergi menjaga langkah mulia membangun tempat ibadah sekaligus tempat bernaung para santri mendorong semangat JAPFA untuk turut terlibat mewujudkan cita-cita awal bangunan ini didirikan.

Hari ini mimpi besar Alm. H. Mahmud EK terwujud, selama hampir 10 tahun pembangunan terhenti. Sekarang bangunan masjid sudah berdiri kokoh. Pondok Pesantren Walisanga saat ini dapat dikatakan sebagai pondok pesantren seutuhnya karena memiliki masjid sendiri.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Potret Suasana Mekah Tahun 1956, Kendaraan Bisa Parkir di Depan Masjidil Haram
Potret Suasana Mekah Tahun 1956, Kendaraan Bisa Parkir di Depan Masjidil Haram

Potret suasana Makah dan Masjidil Haram pada tahun 1956, belum banyak bangunan tinggi.

Baca Selengkapnya
Misi Tersembunyi Pramugari Sambut Penumpang di Pintu Pesawat
Misi Tersembunyi Pramugari Sambut Penumpang di Pintu Pesawat

Selain di pintu pesawat, pramugari kerap mondar-mandir di lorong kabin.

Baca Selengkapnya
Fakta-Fakta Pondok Pesantren Tempat Santri Banyuwangi Tewas Dianiaya, Belum Punya Izin
Fakta-Fakta Pondok Pesantren Tempat Santri Banyuwangi Tewas Dianiaya, Belum Punya Izin

Pesantren tempat santri asal Banyuwangi tewas ternyata belum kantongi izin.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Ketika Diajak Buat Konten
NOTED KAK! Ketika Diajak Buat Konten

Pernah nggak sih kamu ngumpet karena takut diajak temen bikin konten? Kalau pernah, kamu tentu paham yang dirasakan rekan kita ini.

Baca Selengkapnya