Masuk Zona Orange, Singapura Makin Gencar Promosi Wisata

Singapura ingin mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan asing yang sempat menurun akibat virus corona.

Cynthia Amanda Male
| 19 Februari 2020 11:09

Dream - Virus corona membuat sektor pariwisata sejumlah negara terpukul. Demikian pula dengan Singapura, yang mengalami penurunan jumlah wisatawan cukup drastis, mencapai 25-30 persen.

Executive Director South East Asia Singapore Tourism Board, John Gregory, menduga turunnya jumlah wisatawan ini akibat ditutupnya penerbangan langsung dari dan menuju China. Diketahui, China merupakan penyumbang wisatawan terbanyak ke Singapura.

" Penurunan wisatawan secara keseluruhan sebesar 25-30 persen all year, terutama karena China merupakan market wisatawan terbesar, yaitu 20 persen," tuturnya di Glass House, Jakarta, Selasa 18 Februari 2020.

Bahkan pemerintah setempat memberlakukan status zona jingga. Meski demikian, Singapura tetap gencar mempromosikan sektor pariwisatanya, bahkan terus memperbarui dan memperbanyak objek wisata.

Usai menjadi tuan rumah beberapa acara besar, salah satunya International Champions Cup pada 2019, Singapura menawarkan beberapa hal baru di lini pariwisatanya.

Passion Made Possible

Slogan kampanye pariwisata ini telah banyak terdengar dan masih digunakan hingga tahun ini. Passion Made Possible terbagi menjadi beberapa bagian, di antaranya Foodie dan Collector.

Kampanye ini bertujuan memperkenalkan wisatawan pada aktivitas yang bisa dilakukan agar dapat menyalurkan berbagai kemampuan maupun hobi di Singapura.

Festival Hiburan

Setiap bulannya, Singapura memiliki berbagai festival hiburan. Mulai dari film, teater hingga musik.

 Datangi 5 Festival Menakjubkan di Singapura, Hanya Ada di Bulan Oktober!

" Banyak yang ke sini untuk pergi ke event, seperti menonton F1, konser, International Champions Cup, musical event, event untuk fandom dan lain-lain," ujar Manager Indonesia Singapore Tourism Board, Indriati Permanasari.

Informasi mengenai festival ini cukup banyak tersedia. Wisatawan bisa mengaksesnya dari travel partner Singapore Tourism Board seperti Traveloka, Gotix (Loket).

Halal Tourism

Tren halal tourism juga melanda Singapura. Meskipun belum ada data pasti mengenai jumlah traveler muslim ke Singapura, tapi tempat ibadah dan makanan halal semakin mudah dijangkau.

Overseas Student Travel (OST)

 Merokok Jadi Tindakan Ilegal di Singapura, Bisa Dihukum Berat

Selain Passion Made Possible, Singapura juga menggelar Overseas Student Travel. Kampanye ini terbagi dalam beberapa tema seperti Science dan Leadership untuk pelajar. Wisata ini juga ramah untuk keluarga.

Destinasi Wisata Baru

Beberapa destinasi wisata baru Singapura telah dibuka. Salah satunya, Magical Shores at Siloso di Sentosa Island.

" Ada penawaran baru atau direjuvenasi. Di Sentosa ada Magical Shores at Siloso, permainan lampu yang free of charge. Marina Bay Sands ada tower baru. Orchard Road juga direjuvenasi," pungkas Indri.

IEL University Super Series 2021 | Universitas Islam Negri Sunan Ampel - Road To IEL

Jangan Lewatkan