Masya Allah, Foto Langka Ini Ungkap Sisi Ajaib Paus Sperma

Fenomena ini pertama kali ditemukan pada tahun 2008, ketika sekelompok tim ahli biologi dari Inggris dan Jepang secara tidak sengaja menjumpai kumpulan paus sperma.

Puri Yuanita
| 19 Juli 2017 18:21

Dream - Fotografer satwa liar asal Swiss, Franco Banfi dan tim penyelam scuba mengikuti sekelompok paus sperma di lepas pantai Pulau Dominika, di Laut Karibia, dan tiba-tiba kumpulan makhluk besar itu menjadi tidak bergerak. Mereka ternyata tidur dalam posisi vertikal.

Fenomena ini pertama kali ditemukan pada tahun 2008, ketika sekelompok tim ahli biologi dari Inggris dan Jepang secara tidak sengaja menjumpai kumpulan paus sperma. Salah satu perahu mereka tanpa sengaja menabrak salah satu paus.

 paus

Sebelumnya, diperkirakan bahwa paus sperma, seperti Cetacea bergigi lainnya, tidur dengan satu sisi otak mereka dihidupkan untuk melakukan hal-hal penting yang memerlukan aktivitas fisik, seperti berenang, sesekali meluncur ke permukaan untuk bernapas, atau menghindari predator. Mereka tidak pernah tidur sepenuhnya.

Namun, kejadian tahun 2008 itu menunjukkan bahwa paus mungkin tidur dengan kedua sisi otak dimatikan. Para periset juga menemukan bahwa paus melakukan tidur yang singkat namun dilakukan secara periodik sepanjang hari dengan rentang waktu antara 6 dan 24 menit. Namun, mereka hanyut dalam tidur nyenyak hanya sekitar 7 persen dari waktu tersebut.

 paus

(Sumber: amusingplanet.com)

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Gelas Kesuksesan Korban PHK

Jangan Lewatkan