Menara Eiffel Direnovasi, Ada Apa?

Eiffel akan terlihat lebih cerah.

Ahmad Baiquni
| 12 Februari 2021 13:10

Dream - Sebagai salah satu bangunan paling terkenal di dunia, Menara Eiffel, Champ de Marsi, Paris akan menjalani perombakan. Tampilan luarnya akan berubah menjadi lebih cerah.

Kabar ini mungkin mengagetkan, mengingat Menara Eiffel tak pernah berubah selama bertahun-tahun. Lalu, mengapa pemerintah setempat menjalankan renovasi pada bangunan bersejarah tersebut?

Dikutip dari Lonely Planet, ternyata renovasi dilakukan untuk menyambut pesta olahraga dunia. Prancis didaulat menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade 2024.

Dibangun antara 1887-1889 sebagai pintu masuk ke pameran dunia 189 atau Exposition Universelle, menara ini dibangun dari besi tempa yang berdiri setinggi 324 meter. Menara ini dicat sebanyak 19 kali menghabiskan 60 ton cat.

Eiffel dirancang khusus memiliki kecoklatan sejak 1968. Tetapi saat ini sedang dipersiapkan untuk dicat dengan warna kuning kecoklatan agar memberikan rona lebih keemasan.

 Menara Eiffel

Perubahan cat baru akan menutupi struktur menara ini sudah dianalisis oleh arsitek yang secara khusus menangani Eiffel. Sementara proyek renovasi diperkirakan menghabiskan US$60 juta, setara Rp840 miliar.

Dalam pengerjaanya diperlukan pelupasan cat terlebih dahulu. Proses yang berbahaya ini membutuhkan protokol ketat agar tidak menimbulkan masalah kesehatan pada para pekerja.

Bagi orang yang belum tahu Eiffel pernah dicat dengan warna lebih cerah, renovasi ini mungkin mengejutkan.

Ketika pertama kali berdiri, Eiffel dicat dengan warna merah sesuai permintaan desainernya, Gustave Eiffel. Tiga tahun kemudian diubah dengan warna oranye terang.

 Menara Eiffel

Pada 1899, warna Eiffel diubah lagi menjadi oranye-kuning dan kuning muda di atasnya. Sedangkan dari 1907 hingga 1954, menara ini tertutup dengan warna kuning-coklat sebelum akhirnya dicat dengan warna merah kecoklatan pada 1968 hingga sekarang.

Menara Eiffel perlu perbaikan untuk Olimpiade Musim Panas 2024 karena akan digunakan sebagai latar belakang penyelenggaraan cabang triathlon dan renang di perairan terbuka. Sebanyak lebih dari 250 juta orang juga telah mengunjungi menara tersebut, sehingga ada baiknya pula untuk menjaga tampilan selalu maksimal.

Laporan: Josephine Widya.

Topik Terkait :

Dude Harlino & Alyssa Soebandono | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps5

Jangan Lewatkan