Mengapa Burung Merpati di Mekah Tak Boleh Ditangkap?

Sekelompok merpati jinak di pelataran Masjidil Haram itu ternyata..

Dwifantya
| 22 Mei 2018 07:26

Dream - Tak ada hal yang paling membahagiakan bagi umat Islam selain menginjakkan kaki di tanah suci Mekah. Saat tiba di Mekah, tengoklah sekelompok merpati liar yang mencari makan di jalanan dan pelataran Masjidil Haram.

Burung merpati dalam jumlah ratusan beterbangan dan berebut makanan yang sengaja diberikan oleh para jamaah. Terkadang sekelompok merpati itu sudah jinak.

Burung merpati yang ada di Mekah maupun Madinah ternyata sama dengan Merpati lainnya, tidak mempunyai keistimewaan khusus dibanding dengan merpati lainnya. Tapi merpati Mekah yang sering dijumpai di halaman Masjidil Haram beda dengan jenis merpati Eropa atau Indonesia. Warnanya unik dan bulunya dihiasi dengan dua garis melintang mirip pangkat seorang perwira dalam ketentaraan.

Diriwayatkan, merpati Mekah terkait dengan sejarah hijrah Nabi Muhammad SAW. Ketika itu Rasulullah bersama sahabat Abubakar sedang dikejar kaum Quraisy, beliau lalu bersembunyi di Gua Hira untuk menghindar dari pengejaran. Pada saat itulah di pintu gua bersarang laba-laba dan pada saat yang sama ada pula burung merpati sedang bertelur.

Karena melihat pintu gua ditutup laba-laba dan ada merpati bertelur, maka kaum Quraisy memastikan tidak mungkin sesorang bisa bersembunyi di dalam gua, dan Rasulullah dan Abubakar akhirnya lolos.

Saat berada di tanah suci Mekah, kita dilarang untuk menangkap apalagi berburu burung merpati tersebut, baik dalam ihram maupun tidak. Kecuali setelah berada di luar kota Mekah, itupun bukan untuk yang sedang ihram.

Sebagian penulis sejarah Arab menduga bahwa merpati yang berada di sekitar Baitullah, Mekkah dan Madinah adalah keturunan sepasang merpati yang dulu pernah membangun sarangnya di depan gua tempat Rasulullah dan Abu Bakr ash Shiddiq bersembunyi dari kejaran orang-orang Quraisy.

Selengkapnya baca di sini.

Topik Terkait :

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone

Jangan Lewatkan