Mengeksplorasi Kekayaan Budaya Korea di Museum Seni Asia

Seni Korea berkembang melampaui berbagai zaman.

Ahmad Baiquni
| 29 Agustus 2021 13:12

Dream - Menyebarnya budaya Korea di seluruh dunia tidak lepas dari perkembangan musiknya yang dikenal dengan K-Pop dan dramanya atau yang biasa disebut K-Drama.

Drama Korea kerap menampilkan sejarah masa lalu negeri gingseng. Kamu juga bisa belajar identitas dan warisan sejarah budaya Korea lewat Museum Seni Asia di San Fransisco.

Dikutip dari Korean Herald, pameran berjudul ‘Likeness and Legacy in Korean Portraiture’ akan dimulai pada hari Jumat dan berlangsung hingga 29 November 2021. Pameran ini menampilkan berbagai seniman potret Korea dari era Joseon (1392-1910) hingga karya yang mencerminkan budaya selfie saat ini.

" Yang membuat Likeness and Legacy unik adalah kami bergerak melampaui waktu tertentu untuk memasangkan lukisan berkonsep tradisional dengan pilihan potret di atas sutra serta pendekatan kontemporer oleh seniman Korea dan Korea-Amerika," kata Hyongjeong Kim Han, kurator di Museum Seni Asia.

Hyongjeong menjelaskan pameran ini memungkinkan pengunjung memahami bagaimana peran potret telah berkembang dalam membangun identitas dan warisan.

Puncak dari pameran ini adalah serangkaian potret ‘bunmu’ yang mengacu pada militer era Joseon. Potret-potret ini awalnya ditugaskan pada tahun 1728 oleh Raja Yeongjo sebagai hadian untuk memadamkan pemberontakan bersenjata yang mengancam rezim muda.

Terdapat delapan draf yang akan dipersembahkan dalam pameran dan merupakan karya pengasuh asli yang diaktifkan kembali pada tahun 1751. Potret pejabat bunmu yang masih hidup pada tahun tersebut, sangat kontras dengan para pejabat yang sudah meninggal karena mereka hanya bisa digambar berdasarkan potret awal tahun 1728.

Potret-potret ini merupakan karya berharga dalam sejarah Korea karena menunjukkan potret resmi Korea di bawah pengaruh Konfusianisme serta mencerminkan individu dengan ekspresi wajah yang sangat rinci.

 

Selanjutnya :

Seni Kontemporer

Pesan Menohok Indro Warkop Terhadap 3 Pria Mirip Warkop DKI

Jangan Lewatkan