Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menghidupkan Kembali Jiwa Seni Bali di Tengah Pandemi Lewat 'Taksu Ubud'

Menghidupkan Kembali Jiwa Seni Bali di Tengah Pandemi Lewat 'Taksu Ubud' Taksu Ubud

Dream - Pandemi Covid-19 mematikan hampir seluruh nadi kehidupan Bali. Mulai dari pariwisata, ekonomi, hingga seni budaya.

Aktivitas seni di Bali sepenuhnya. Kondisi ini berbarengan dengan sepinya Bali dari wisatawan.

Hal ini mendorong artis sekaligus seniman, Happy Salma, menghidupkan kembali aktivitas seni di Pulau Dewata khususnya di Ubud. Lewat yayasan yang dia dirikan, Titimangsa Foundation bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Happy menginisiasi 'Taksu Ubud'.

'Taksu Ubud' merupakan pertunjukan seni drama, tari dan musik yang menampilkan Ubud sebagai bagian penting dari wajah Bali. Melalui kisah yang sederhana, pagelaran ini merupakan buah dari keinginan menyatukan sebagian kecil dari keindahan seni Ubud.

Pertunjukan ini adalah sebuah inisiatif kecil mengadakan ruang bagi sebagian pelaku seni Ubud untuk membangun kembali suasana Ubud yang sarat akan adat dan tradisi Bali. Ubud sebagai benteng pertahanan adat dan tradisi leluhur masyarakat Bali.

"Poin paling utama dalam proses kali ini adalah menyatukan energi kerja kolaborasi, rasa yang menurut saya perlu dimiliki dalam situasi serba sulit seperti sekarang ini," ujar Happy yang bertindak selalu produser "Taksu Ubud'.

 

Kolaborasi Saling Menguatkan

Happy mengatakan kerja kolaborasi ini terbangun dengan kesadaran bersama untuk bersatu. Bersinergi dengan penuh tanggung jawab menghadirkan optimisme.

"Rasa saling mendukung untuk sebuah kerja kreatif yang datangnya dari hati karena bakti dan kecintaan pada seni, adat dan tradisi," jelas Happy.

Berkisah tentang pemuda Ubud, Umbara, yang sejak kecil tinggal jauh dari tempat kelahirannya kemudian diminta pulang oleh sang ibu. Seketika Umbara berhadapan dengan dilema, apakah harus kenyamanan dan kemudahan yang ia peroleh selama di perantauan ia tinggalkan demi cinta Ibu dan Ubud, sebuah tempat leluhur yang asing baginya?

Gelaran ini melibatkan banyak pelaku seni lokal maupun nasional meliputi Gamelan Yuganada, Yayasan Bumi Bajra Sandhi, Kertha Art Performance, Sanggar Cudamani, Ubud Performing Art, Napak Tuju, Swaradanta dan Yayasan Janahita Mandala Ubud. Juga para seniman-seniman senior seperti Agung Oka Dalem dan Cok Sri (seniman tari), Aryani Williems (aktor senior), Desak Nyoman Suarti (seniman motif tradisi) dan Made Sukadana Gender (seniman dalang).

Lebih dari itu, ‘Taksu Ubud’ juga menampilkan aktor-aktor Indonesia yang sudah tidak asing lagi namanya yaitu Reza Rahadian dan Christine Hakim.

 

Seni dan Kehidupan

'Taksu Ubud' melibatkan banyak penggiat seni yang memiliki integritas dan dedikasi pada profesi seperti Dayu Ani sebagai Sutradara Gerak, I Wayan Sudirana sebagai Sutradara Tabuh, Kadek Purnami sebagai Pimpinan Produksi, Anom Darsana sebagai Penata Suara, Johan Didik sebagai Penata Cahaya, Rai Pendet dan Yosep Anggi Noen sebagai Sutradara Visual, Cok Bayu, Agung Iswara dan Dika Pratama sebagai Penata Artistik, Ayu Putri Anantha, Arsa Wijaya dan Dewa Ayu Eka Putri sebagai Koreografer sekaligus pementas.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, mengatakan kesenian merupakan sarana bagi masyarakat Ubud untuk menyatu dengan Tuhannya dan berhubungan baik dengan sesama. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik Ubud di mata wisatawan.

"Berkesenian bagi masyarakat Bali, khususnya Ubud, bukan hanya menjadi kerja kebudayaan, tetapi juga berlaku sebagai ibadah kepada Tuhannya, sebuah identitas diri dan masyarakat, serta pengejawantahan dari taksu (jiwa) masyarakat Ubud itu sendiri," kata Hilman.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadan di Yogyakarta, Salah Satunya Nyadran atau Ziarah

4 Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadan di Yogyakarta, Salah Satunya Nyadran atau Ziarah

Tradisi tersebut dilakukan secara turun temurun setiap tahunnya saat menyabut bulan Ramadan.

Baca Selengkapnya
Tradisi Unik saat Ramadan di Jawa, Mana yang Pernah Kamu Ikuti?

Tradisi Unik saat Ramadan di Jawa, Mana yang Pernah Kamu Ikuti?

Ramadan di Indonesia biasanya juga merayakan kekayaan budaya dan tradisi yang beragam.

Baca Selengkapnya
5 Tradisi Malam Takbir Menyambut Hari Raya Idul Fitri di Indonesia

5 Tradisi Malam Takbir Menyambut Hari Raya Idul Fitri di Indonesia

Dengan segala kekayaan suku, daerah, dan budaya, tradisi malam takbir menyambut Hari Raya Idul Fitri menjadi bagian penting dari perayaan hari kemenangan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Tipe-Tipe Makan Bareng Teman

BUNGKUS! Tipe-Tipe Makan Bareng Teman

Acara makan paling asyik bareng teman-teman. Nah, kalau sedang ngumpul begini, ada yang bergaya seperti Dreamitie yang satu ini nggak sih?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ketika Punya Teman Cepat Lapar

NOTED KAK! Ketika Punya Teman Cepat Lapar

"Bu Agus Lapar Bu!" Sahabat Dream, punya gak temen yang cepat banget lapar kalau lagi kerja? Ikut senewen nggak sih melihatnya?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Hari pertama Kerja VS 2 Bulan Kerja

NOTED KAK! Hari pertama Kerja VS 2 Bulan Kerja

Sahabat Dream ada gak yang mengalami kaya gini saat pertama kali kalian masuk kerja? Kalau ada komen dibawah yaa

Baca Selengkapnya