Menguak Misteri Awal Peradaban Lewat Tas Tepeler, Warisan Neolitik Turki

Proyek Tas Tepeler melibatkan banyak akademisi dunia.

Ahmad Baiquni
| 1 Oktober 2021 20:14

Dream - Turki menyimpan banyak sekali peninggalan bersejarah yang begitu berarti bagi peradaban. Bahkan, jejak-jejak sejarah itu sampai berusia puluhan ribu tahun lamanya.

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Turki dan Badan Promosi dan Pengembangan Pariwisata Turki tengah menjalankan proyek Tas Tepeler, program penggalian untuk mengual awal peradaban dan perkembangan manusia. Proyek ini melibatkan akademisi dan penelitis dari Turki dan seluruh dunia untuk berkunjung dan berdiskusi ke sejumlah situs kuno era neolitikum di Turki.

" Dalam beberapa hari mendatang, penggalian akan dimulai di bukit pemukiman Ayanlar, Yogunbur, Harbetsuvan, Kurttepesi dan Taslıtepe, sebagai bagian dari fase pertama Proyek Penelitian Neolitik Sanlıurfa yang akan berlangsung pada 2021-2024," ujar Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki, Mehmet Nuri Ersoy.

Proyek Tas Tepeler mencakup penggalian dan penelitian arkeologi yang dilakukan di tujuh area meliputi Gobeklitepe, Karahantepe, Gurcutepe, Sayburc, Akmaktepe, Sefertepe, dan bukit Yeni Mahalle. Ersoy menyatakan situs dan penggalian ini mengungkapkan kontribusi penting Anatolia bagi sejarah manusia.

" Ini merupakan proyek yang signifikan dengan temuan yang luar biasa dan hasil yang mengesankan," kata dia.

 

Selanjutnya :

Mahkamah Agung Goes to Campus

Jangan Lewatkan