Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menikmati Keindahan 5 Wisata Bahari di Indonesia

Menikmati Keindahan 5 Wisata Bahari di Indonesia Sumber: Shutterstock

Dream - Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan dengan kawasan laut yang cukup luas. Selain itu, Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia.

Ada banyak tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam bawah laut yang menawan tersebar hampir di setiap wilayah Indonesia. Tempat-tempat ini menjadi rumah bagi aneka biota laut.

Tak heran banyak wisatawan dari luar negeri yang datang untuk menikmati pemandangan bawah laut di Indonesia. Banyak juga traveler asing yang menghabiskan waktu mereka di Indonesia dengan berselancar, menyelam, atau berlayar.

Dari sekian banyaknya wisata bahari yang ada di Indonesia, ada lima tempat yang menjadi idola bagi para wisatawan. Yuk intip keindahan lima wisata bahari berikut ini.

Taman Nasional Bunaken

Dasar Laut Bunakern

Salah satu wisata bahari yang sangat terkenal di Indonesia ialah Bunaken, Manado. Tempat ini diresmikan sebagai Taman Nasional pada 1991 dan menjadi rumah bagi banyak biota laut yang dilindungi.

Kawasan dengan luas 89.065 hektar ini dikelilingi pulau-pulau kecil, seperti Pulau Manado Tua, Montehage, Siladen, Nain, dan masih banyak lagi. Taman Nasional Bunaken dihuni oleh 12 genus karang hidup, 91 jenis ikan yang di antaranya ada jenis ikan langka dan hanya hidup di laut Bunaken.

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut Bunaken bisa menggunakan fasilitas yang disediakan. Ada fasilitas diving, snorkeling, atau naik perahu.

Biaya masuk ke lokasi Taman Nasional Bunaken cukup terjangkau. Rp2.500 per hari untuk wisatawan lokal ditambah biaya lain apabila ingin menikmati fasilitas lainnya.

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu terletak tak jauh dari teluk Jakarta. Skses menuju ke kepulauan ini cukup mudah.

Wisata bahari di kepulauan ini tidak kalah indah dengan laut wilayah timur Indonesia. Di Kepulauan Seribu juga terdapat beberapa pulau kecil, seperti Pulau Bidadari, Ayer, Sepa, Macan, Putri, Pelangi, dan ada beberapa lainnya.

Pulau Air


Di sini, pengunjung bisa menikmati olahraga air, seperti jet ski, snorkeling, diving, dan lain sebagainya. Untuk menikmati keindahan Kepulauan Seribu, kamu bisa mengikuti paket wisata yang disediakan oleh banyak biro perjalanan.

Kepulauan Raja Ampat

Raja Ampat, gugus pulau di Papua ini memang terkenal dengan pemandangan alam bawah lautnya. Kawasan ini menjadi rumah bagi berbagai jenis terumbu karang dan biota laut lainnya.

Ada empat pulau utama di kawasan ini, Pulau Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool. Selain pemandangan bawah laut yang tak ada duanya, Raja Ampat juga memiliki berbagai keindahan lain seperti pantai, pulau dan masyarakatnya yang masih memegang teguh adat mereka.

Untuk bisa sampai ke kawasan Raja Ampat, kamu bisa datang ke Kota Sorong terlebih dahulu. Kemudian melanjutkan perjalanan laut menuju Waisai, ibukota Raja Ampat. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 2-3 jam.

Kepulauan Wakatobi

Wilayah timur Indonesia memang dikenal dengan pemandangan alamnya yang menyimpan banyak keindahan. Salah satunya di Kepulauan Wakatobi.

Ada salah satu pulau yang terkenal di Wakatobi, yaitu Pulau Hoga yang terletak di sebelah timur Pulau Kaledupa. Pulau ini dikelilingi beberapa pulau seperti Pulau Tomia, Wangi-wangi, Binongko, dan Kapota.

Di pulau ini, pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas wisata bahari, seperti diving, snorkeling dan lainnya.

Pulau Hoga


Bagi para penyelam, Pulau Hoga jadi tempat menyelam yang mengasyikan. Terdapat 29 titik penyelaman, lengkap dengan suguhan pemandangan bawah laut yang indah.

Biaya menginap di pulau ini juga cukup terjangkau. mulai dari Rp150 ribu per malam. Tertarik ke Pulau Hoga?

Kepulauan Komodo

Kawasan ini merupakan habitat dari kadal purba raksasa yang masih hidup, Komodo. Selain itu, Kepulauan Komodo memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Mulai dari pemandangan bawah laut hingga pemandangan daratannya. Pulau Rinca menjadi salah satu pulau andalan wisata bahari di Labuan Bajo.

Labuan Bajo


Di Pulau Rinca, pengunjung bisa menikmati hamparan daratan luas yang dipenuhi dengan tumbuhan hijau di musim penghujan dan rumput ilalang kering ketika musim kemarau, Gili Lawa Darat.

Sedangkan Gili Lawa Laut menyajikan pemandangan alam bawah laut yang dihuni berbagai jenis terumbu karang yang indah dan biota laut yang beragam.

Eits, tapi tetap waspada dengan keberadaan komodo ya!

Sumber: Indonesia Kaya

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cuma di Indonesia Lokasi Banjir Jadi Tempat Wisata, Banyak Pengunjung hingga Pedagang Kaki Lima

Cuma di Indonesia Lokasi Banjir Jadi Tempat Wisata, Banyak Pengunjung hingga Pedagang Kaki Lima

Banjir di Riau bagai tempat wisata, banyak pengunjung yang datang bermain air.

Baca Selengkapnya
6 Rekomendasi Wisata Dataran Tinggi di Indonesia, Wajib Datang Sekali Seumur Hidup

6 Rekomendasi Wisata Dataran Tinggi di Indonesia, Wajib Datang Sekali Seumur Hidup

Segarkan pikiran dan hati dengan eksplorasi wisata dataran tinggi.

Baca Selengkapnya
25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

Bali menempati posisi puncak sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
9 Destinasi Liburan Terbaik di Asia, Wajib Masuk List untuk Nikmati Petualangan Baru

9 Destinasi Liburan Terbaik di Asia, Wajib Masuk List untuk Nikmati Petualangan Baru

Asia masih menjadi tujuan liburan yang populer bagi wisatawan dari seluruh dunia.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Kelakuan Tim Content Creator Kalau Kerja

NOTED KAK! Kelakuan Tim Content Creator Kalau Kerja

Tiap divisi di kantor pasti punya cara kerja yang beda? Nah begini kelakuan tim konten Dream biar dappat FYP

Baca Selengkapnya