Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menikmati Karya Seni Kelas Dunia di Terminal 3 Bandara Soetta

Menikmati Karya Seni Kelas Dunia di Terminal 3 Bandara Soetta Terminal 3 Bandara Soetta Akan Dipercantik Dengan Lukisan Seniman Kelas Dunia. (Foto: Shutterstock/Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta)

Dream –Dulu lukisan hanya bisa dinikmati kalangan tertentu. Hasil karya seni ini kerap kali dibanderol dengan harga selangit di setiap pameran dan hanya bisa dibeli orang berduit.

Kini, lukisan bisa dinikmati berbagai kalangan masyarakat tanpa perlu ke galeri. Kamu bisa menikmatinya secara gratis di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Di terminal ini, kamu akan disuguhi lukisan karya pelukis kelas dunia, Erica Hestu Wahyuni.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 27 Desember 2018, Erica merupakan salah satu seniman yang karyanya menjadi rebutan kolektor di Eropa dan Amerika. Dia menampilkan tiga karyanya, Ganica the Red Elephant, Valley of The Walfare of The Universe, dan Valley of Hope dan berharap lukisannya bisa mempercantik bandara.

Erica Hestu Wahyuni akan memamerkan tiga lukisannya di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

“Selama ini, orang ke bandara, ya, sudah begitu saja. Tapi, di sana banyak (orang) menunggu lama. Jadi, saya ingin bandara bisa menjadi suatu wadah yang lebih luas. (Orang) tak sekadar duduk dan transit, tapi bisa menikmati karya-karya seni secara gratis yang mengedukasi masyarakat,” kata dia.

Erica mengatakan tiga lukisan ini masing-masing berukuran 2,55 meter x 2,55 meter. Ketiga lukisan itu mengandung makna yang bisa mengedukasi para penikmatnya. Contohnya, Valley of The Walfare of The Universe. Lukisan itu menyampaikan pesan bahwa kesehatan jiwa dan raga penting untuk kelangsungan membina kesejahteraan alam semesta. Di dalam tubuh yang sehat dan kuat akan menghasilkan pemikiran-pemikiran yang cemerlang dan positif.

Ketiga lukisan ini akan mempercantik Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Seni itu menjadikan segalanya menjadi lebih nyaman dan rileks. Kalau setiap hari itu jadi santapan orang itu, mungkin akan menjadikan orang tersebut lebih damai, lebih menjadi sesuatu sehingga Indonesia semakin lebih baik,” kata dia.

Erica mengatakan seniman yang sudah bisa menyajikan lukisan dan bisa berdampak kepada sosial itu menjadi satu peningkatan level tersendiri.

"Selama ini seni itu hanya dinikmati orang tertentu yang notabene adalah orang sangat mapan, tapi publik punya hak untuk memiliki edukasi dari karya seni itu. Jadi satu hal penting buat saya," kata dia.

Tiga lukisan Erica memiliki makna tersendiri.

Tambah Piano

Tak hanya tiga lukisan, Erica juga mengaku akan menambah setidaknya tiga lukisan lagi di Terminal 3 Bandara Soetta dengan ukuran yang lebih besar. Rencananya, penambahan lukisan ini akan dilakukan pada 25 Januari 2019.

Ke depan, dia juga berencana meminjamkan piano miliknya untuk dipajang di bandara. Hal ini terinspirasi saat dirinya singgah di Bandara Internasional Schiphol, Belanda. Namun sebelum dipajang, piano tersebut akan dilukis olehnya.

"Waktu saya transit di sana ada piano dan orang di sana kan bisa main musik, memainkan piano sambil tunggu transit sehingga bandara bisa lebih hidup. Ke depannya, harapan saya Bandara suatu saat bisa jadi ruang galeri," kata dia.

 

Menguntungkan

Erica mengatakan pemajangan lukisan itu bisa menguntungkan kedua belah pihak, baik dirinya maupun PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola bandara.

"Kebanyakan orang salah paham bilang saya jual ke Angkasa Pura II. Tidak bisa itu pemerintah, BUMN, kalau bisa kita bantu tulus ikhlas asalkan lukisannya dirawat dengan baik," kata dia.

VP Corporate Communication PT Angkasa Pura II (Persero), Yado Yarismano menuturkan, kerja sama ini sangat menguntungkan perseroan. Dengan memajang enam karya Erica, Terminal 3 Bandara Soetta akan semakin indah dan para penumpang bisa menikmati lukisan karya seniman kelas dunia.

"Kami memang mencoba memberikan experience dari sisi art and culture bagi para penumpang. Lukisan-lukisan ini juga bisa dijadikan tempat yang Instagramable oleh para penumpang dan para pengunjung bandara," kata dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Berkat Pemudik, Soekarno-Hatta Kalahkan Changi Sebagai Bandara Tersibuk Asia Tenggara pada April 2024
Berkat Pemudik, Soekarno-Hatta Kalahkan Changi Sebagai Bandara Tersibuk Asia Tenggara pada April 2024

Periode angkutan Lebaran 2024 turut mendorong Bandara Soetta sebagai yang tersibuk di Asia Tenggara.

Baca Selengkapnya
Pengelola Bandara Ungkap Kursi Pesawat Terbaik Sesuai Kebutuhan Penumpang
Pengelola Bandara Ungkap Kursi Pesawat Terbaik Sesuai Kebutuhan Penumpang

Tips memilih kursi pesawat agar penerbangan nyaman

Baca Selengkapnya
Bandara Soekarno Hatta Duduki Peringkat 28, Bandara Terbaik Dunia
Bandara Soekarno Hatta Duduki Peringkat 28, Bandara Terbaik Dunia

Naik 15 peringkat dari sebelumnya peringkat 43 pada 2023.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
2 Pesawat Kembali Tabrakan di Bandara Jepang
2 Pesawat Kembali Tabrakan di Bandara Jepang

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan pesawat itu.

Baca Selengkapnya
10 Bandara Terbaik dan Terburuk di Dunia Tahun 2023, 3 Wakil Indonesia Masuk Kategori Buruk
10 Bandara Terbaik dan Terburuk di Dunia Tahun 2023, 3 Wakil Indonesia Masuk Kategori Buruk

Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin jadi yang terburuk tahun 2023

Baca Selengkapnya
Di Luar Dugaan! Ternyata Begini Suasananya Ketika Naik Kereta Api Bawah Tanah di Korea Utara
Di Luar Dugaan! Ternyata Begini Suasananya Ketika Naik Kereta Api Bawah Tanah di Korea Utara

Bisa merekam aktivitas warga Korut naik kereta bawah tanah merupakan pengalaman unik dan langka.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tebak-tebakan Buah
BUNGKUS! Tebak-tebakan Buah

Sahabat Dream, kira-kira kalian pada bisa jawab gak nih teka-teki buah ini? yuk komen dibawah.

Baca Selengkapnya