Menjelajah Rahasia Kecantikan Korea

Berawal dari dapur sang ibu, menjelma jadi produk kecantikan ternama dunia.

Syahid Latif
| 24 Mei 2017 07:20

Deretan bangku berjejer rapi. Ruang itu berukuran 7 x 7 meter persegi. Di sekelilingnya sangat lapang. Cukup luas untuk beberapa orang berdiri. Namun tetap dibiarkan kosong.

Tiga layar lebar terpampang di depan. Satu di depan dan dua lagi mengapit di kedua sisi. Tampak seperti layar tiga dimensi. Di tengah layar tampak sebuah bunga camelia.

Lampu ruangan pelan-pelan meredup dan gelap. Dari layar pelan-pelan muncul video. Bunga yang sedari tadi diam di depan layar mulai bergerak. Berputar-putar mengitari layar. Hingga jatuh di sebuah periuk seorang ibu dan putranya.

Wanita dalam gambar itu langsung mengaduk bunga camelia. Mencampurnya dengan beberapa bahan. Diaduk smpai halus benar. Satu per satu bungkusan di depannya diisi campuran bahan itu. Diikat cantik. Si putra sedari tadi melihat seksama. Setia menemani ibunya.

 Amore Pacific Story Garden

Usai semua terbungkus rapi, si ibu berjalan menyusuri jalanan. Satu per satu wanita mendatanginya. Membeli kosmetik racikannya. Sang anak memandanginya. Meski lelah namun bahagia. Bungkusan kosmetik itu habis. Tak tersisa. Berganti recehan dan lembaran uang.

Sang putra bahagia saat uang itu berubah menjadi sepeda. Mengayuh 10 mil setiap hari untuk menjajakan kosmetik sang ibu.

****

Video 5 menit itu hanya sebagian dari perjalanan Amore Pacific. Perusahaan kosmetik yang tak hanya terkenal di Korea Selatan. Tapi juga mendunia. Dari perusahaan inilah muncul produk bermerek Sulwhasoo, Etude House, Laneige, Innisfree, atau Mamonde.

Selain penyanyi serta deretan aktris dan aktor terkenal, kamu pasti sudah tahu jika Negeri Ginseng ini telah menjadi surga beragam produk kecantikan. Berbagai item kosmetik bisa didapat dengan mudah. Pastinya dengan harga jauh lebih murah.

 Amore Pacific Story Garden

Dream dan beberapa jurnalis media nasional, Asia Tenggara, dan Timur Tengah, sejak awal pekan kemarin berkesempatan menjelajahi dunia kecantikan Korea. Bersama Korea Tourism Organization (KTO), para jurnalis menyelam sejarah kecantikan wanita Korea.

" Kami memperhatikan sekali turis wanita. Kami ingin memperkenalkan wisata ini ke generasi wanita muda di seluruh dunia," kata Shin Minkyu, Deputy Director untuk Asia & Middle East Team KTO.

Bertajuk Beauty Travel dalam edisi Lady's Special Family Trip, para jurnalis diajak tur ke sebuah area bernama Story Garden di komplek Amore Pacific. Jangan banyangkan tur ini membosankan.

 Amore Pacific Story Garden

Story Garden menghadirkan semuanya. Terletak di kota Osan, 35 km dari selatan ibukota Seoul, galeri ini menyediakan informasi sejarah berdirinya Amore Pacific, proses pembuatan kosmetik, sampai produk terbaru.

Usai menyaksikan video selama 5 menit, tur berlanjut menuju beberapa galeri. Dibuka dengan empat bahan utama kosmetik yang telah beberapa dekade dikembangkan Amore. Diantaranya bunga Camelia, lotus, dan teh hijau.

Dengan bantuan putranya, kosmetik yang dibuat Amore berkembang. Tahun 1951, lahir produk pomade pertama dari Amore. Mereknya dibuat sangat singkat agar mudah diingat. Namanya ABC. Pomade atau gell untuk rambut itu terpampang di salah satu dinding galeri.

 Amore Pacific Story Garden

Tak hanya pomade ABC, salah satu galeri tampak memajang paspor. Sudah tua. Bertarikh 1960. Pemiliknya Suh Sung-Whan. Dialah salah satu putra dari sang ibu, Yun Dok-Jeong. Tak sekadar paspor. Inilah awal perjalanan besar Amore Pacific.

" Selama 43 hari travel ke Eropa, inilah kesempatan untuk bertemu brand internasional," ujar Hye Jyung Park, wanita yang menjadi pemandu tur hari itu.

 Amore Pacific Story Garden

Puas menelusuri masa lalu, tur kali ini masuk sebuah ruang baru. Lebih maju dengan gambar-gambar lebih segar. Rombongan jurnalis ke diajak sebuah galeri masa kini. Di beberapa dinding tampak beberapa produk yang pernah dibuat Amore. Mulai dari pomade sampai produk terbarunya.

 Amore Pacific Story Garden

Bahan-bahan pembuat kosmetik juga ditunjukan dalam gelas-gelas kaca yang tertutup rapi. Lengkap dengan penjelasan dan khasiatnya. Salah satunya bunga camelia yang tengah mekar. Makin cantik dengan warna merahnya.

Story Garden memang galeri yang dibuat untuk membawa pengunjung ke masa lalu dan masa kekinian. Di ruangan tersebut, terlihat beberapa cover foto beberapa foto artis Korea yang menjadi beauty ambassador Amore Pacific.

Ruangan ini juga menyediakan fasilitas foto bagi para pengunjung. Dengan berpose di depan kamera yang sudah diatur, pengunjung bisa bergaya baik model Amore. Seluruh proses dibuat sangat simple. Kamu tinggal memilih latar foto yang akan dipasang. Hasilnya terpampang di deretan pengunjung yang pernah berfoto.

Sesi tur di Story Garden ditutup dengan galeri yag memperlihatkan bunga-bunga camelia merah di dalam ruangan. Galeri itu serba hitam. Dengan cahaya terfokus pada warna merah, Camelia yang tumbuh mekar terlihat semakin cantik.

 Amore Pacific Story Garden

Amore Pacific awalnya hanya membuat merek ABC agar muda diingat. Namun mereka telah berubah menjadi raksasa. ABC bukan sekadar nama. ABC telah bertransformasi menjadi Asian Beauty Creator. (Sah)

Topik Terkait :

Belum Selesai, Pembangunan MRT Fase 2 Baru Dimulai

Jangan Lewatkan