Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menjelajahi Bulan di Dataran Tandus Islandia

Menjelajahi Bulan di Dataran Tandus Islandia Islandia Utara. Sumber: Shutterstock

Dream - Seperti yang kita tahu selama ini, orang pertama yang mendarat di bulan ialah Neil Armstrong pada 20 Juli 1969, tepat 50 tahun lalu, mencatat sejarah besar dalam dunia astronomi.

Sebuah kota kecil yang terletak di pantai utara Islandia menerima dikenal sebagai tempat untuk pelatihan para astronot sebelum berangkat ke bulan, dan memiliki suasana yang mirip dengan permukaan bulan.

Islandia terletak dekat dengan lingkar arktik dan berada di atas lempeng tektonik paling aktif di dunia. Keadaan alam ini membuat Islandia menjadi laboratorium alam yang sering digunakan untuk penelitian para ahli.

Dilansir dari BBC Travel, fakta bahwa 80% bagian dari negara ini tidak berpenghuni, dan 60% datarannya terdiri dari dataran berbatu dan ditutupi oleh gurun lava dan gletser. Kondisi alam inilah yang membuat Island menjadi tempat yang cocok untuk membuat replika permukaan bulan.

Seperti Apa?

Orlygur Hnefill Orlygsson, direktur Museum Eksplorasi Husavik mengatakan, bahwa Island benar-benar memiliki kemiripan dengan permukaan bulan. “Pemandangan di sini (Island) sangat mendukung, terutama ketika musim panas, dimana ada sedikit salju, dan es di gurun,” imbuh Orlygur dikutip dari BBC News.

Selain kondisi alam yang hampir sama dengan permukaan bulan, berbagai batuan glasial yang ditemukan di Islandia menyerupai kompleksitas permukaan bulan. Sehingga, banyak astronot yang dikirim ke Islandia sebelum dikirim ke bulan.

Para astronot juga rutin melakukan ‘misi analog’ dengan mengunjungi beberapa wilayah ekstrem di bumi, salah satunya Islandia, tepatnya di daerah gunung berapi kawasan dataran tinggi yang tandus du Islandia.

“Saya menghabiskan waktu 10 hari untuk menjelajahi daerah berapi aktif di Islandia, sebuah tempat yang tandus dan benar-benar terasa seperti di bulan,” ujar Al Worden, pilot misi Apollo 15 yang sudah pernah pergi ke bulan pada tahun 1971.

50 Tahun Pendaratan Pertama di Bulan

Pertama kalinya dalam sejarah, para pengunjung Islandia akan diberi kesempatan untuk menikmati kawasan Husavik dengan Moon Games. Fasilitas ini diberikan untuk memperingati 50 tahun pendaratan pertama di bulan.

Moon Games ini biasa dilakukan oleh para astronot yang melakukan pelatihan di kawasan tandus Husavik ini. Di mana para astronot dituntut untuk bergerak cepat dalam menentukan batuan bulan mana yang bisa dibawa dan memberikan alasan yang tepat mengapa memilih batuan bulan tersebut.

Selain bisa menikmati Moon Games di kawasan tandus Husavik yang menyerupai permukaan bulan, pengunjung juga bisa menikmati replika Apollo 11 modul Eagle yang dipamerkan di Museum Eksplorasi Husavik.

Ada lagi yang menarik pada peringatan 50 tahun pendaratan pertama di bulan ini, yakni “Moon Concert” yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 20 Oktober nanti. Konser ini direncakan berlangsung di kawasan stratovolcano Snaefellsjokull yang tertutup gletser dan menampilkan musisi Islandia dan dua putra Neil Armstrong yang juga seorang musisi.

Sayangnya, konser ini sangat terbatas, dan hanya menyediakan kursi bagi 24 tamu terpilih saja. Wah, sayang sekali ya, Sahabat Dream!

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Rekomendasi Kota di Luar Negeri yang Bagus untuk Rayakan Tahun Baru, Mana Impianmu?

9 Rekomendasi Kota di Luar Negeri yang Bagus untuk Rayakan Tahun Baru, Mana Impianmu?

Destinasi itu menjadi pengalaman hidup yang tidak akan pernah kamu lupakan.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Liburan Akhir Tahun Unik, Nonton Teatrikal Bawah Air

Rekomendasi Liburan Akhir Tahun Unik, Nonton Teatrikal Bawah Air

Salah satu rekomendasi liburan akhir tahun yang unik adalah menonton pertunjukan teatrikal bawah air di "Varuna

Baca Selengkapnya
25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

Bali menempati posisi puncak sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Pilihan Destinasi Perayaan Tahun Baru yang Menyenangkan dan Menenangkan

Pilihan Destinasi Perayaan Tahun Baru yang Menyenangkan dan Menenangkan

Sudah ada rencana ingin merayakan tahun baru di mana?

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tebak Gambar Makanan

BUNGKUS! Tebak Gambar Makanan

Dream - Tebak-tebakan gambar yuk Sahabat Dream. Ikuti petunjuk gambar untuk bisa menebak nama makanan. Berapa yang bisa kamu jawab?

Baca Selengkapnya