Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menpar Pantau Air Mancur Terbesar Se-Asia Tenggara, Sri Baduga

Menpar Pantau Air Mancur Terbesar Se-Asia Tenggara, Sri Baduga Taman Sri Baduga, Purwakarta (Foto: Akarnews.com)

Dream - Indonesia kini memiliki air mancur terbesar se-Asia Tenggara, letaknya di Taman Air Sri Baduga, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Air mancur yang sekaligus merupakan salah satu ikon pariwisata Indonesia ini sempat ditutup sementara, namun akhirnya akan dibuka lagi untuk umum.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun sempat mengunjungi taman ini pada Jumat malam, 6 Januari 2017. Kedatangan Menpar ini selain dijadwalkan untuk meresmikan taman air mancur, rupanya juga untuk mengunjungi Museum Diorama Digital Purwakarta, yang merupakan museum digital pertama di Indonesia.

Seperti diketahui, pembangunan Taman Air Sri Baduga merupakan salah satu upaya Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, untuk membuktikan bahwa Purwakarta punya ikon wisata yang tidak kalah cantik dibandingkan dengan Wings of Time yang dimiliki oleh Singapura.

Megahnya Taman Air Sri Baduga ditandai dengan ribuan air mancur yang mengelilingi patung Prabu Kian Santang, Putra Prabu Siliwangi, juga dikenal sebagai Sri Baduga, maharaja paling terkenal yang pernah memerintah Kerajaan Padjajaran kuno. Di sini, Prabu Kian Santang digambarkan duduk bersila di atas bunga lotus raksasa.

Air mancur di sekelilingnya tampak sangat indah dilengkapi dengan cahaya berbagai warna. Terlebih, air mancur ini dibangun di tengah danau yang sangat ikonik di Purwakarta yaitu Danau Ditu Buleud.

Air mancur ini merupakan bagian dari pengembangan daerah wisata Situ Buleud yang konstruksinya dimulai sejak 2013. Tahap pertama peresmiannya dimulai pada 2014, diikuti tahap kedua pada 2015. Dalam jangka panjang, akan ada 9 tahap pembangunan dan setiap tahapnya berfokus pada fitur-fitur unik serta dioperasikan oleh teknologi paling modern.

Pengunjung bisa menikmati atraksi air terjun pada hari Sabtu dan Minggu mulai 19.30-22.00. Atraksi diadakan tiga kali pada rentang waktu tersebut, dengan durasi 25 menit pada setiap atraksi. Tidak dipungut biaya sama sekali untuk menikmatinya.

Untuk menuju Taman Air Sri Baduga, dibutuhkan waktu 2 jam dari Jakarta melalui jalan tol. Kabupaten Purwakarta sendiri kini tengah berkembang menjadi salah satu tujuan wisata. Alam yang bagus didukung oleh kentalnya budaya Sunda, menjadi nilai lebih yang membuat banyak wisatawan berminat datang.

(Berbagai sumber)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
6 Sumber Mata Air Terbesar di Dunia, Salah Satunya Tak Terduga

6 Sumber Mata Air Terbesar di Dunia, Salah Satunya Tak Terduga

Berikut lokasi-lokasi yang menjadi asal muasal air di Bumi!

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Liburan Akhir Tahun Unik, Nonton Teatrikal Bawah Air

Rekomendasi Liburan Akhir Tahun Unik, Nonton Teatrikal Bawah Air

Salah satu rekomendasi liburan akhir tahun yang unik adalah menonton pertunjukan teatrikal bawah air di "Varuna

Baca Selengkapnya
Cerita Wanita 'Ketempelan' Usai Kunjungi Museum Erupsi Merapi: Dia Minta Ketemu Orangtua

Cerita Wanita 'Ketempelan' Usai Kunjungi Museum Erupsi Merapi: Dia Minta Ketemu Orangtua

Tiga hari setelah berkunjung ke museum, ia mulai merasakan sakit di bagian punggung terus menerus.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! Tips Memasukkan Baju ke Celana Biar Hasilnya Rapih

DRESS IT! Tips Memasukkan Baju ke Celana Biar Hasilnya Rapih

Tantangan cara memasukkkan baju ke dalam celana adalah hasilnya yang selalu berantakan. Nah Dream kasih tahu nih tips masuk baju ke dalam celana biar rapi.

Baca Selengkapnya