Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sandiaga Uno Terus Dorong Pelaku Ekraf Kabupaten Cirebon dengan Produk Unggulan

Sandiaga Uno Terus Dorong Pelaku Ekraf Kabupaten Cirebon dengan Produk Unggulan Foto: Sandiaga Uno/Kemenparekraf

Dream - Memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan, Cirebon yang berlokasi di Jawa Barat memiliki ragam kuliner lezat.

Kamu pun bisa menjadikan Cirebon sebagai destinasi wisata kuliner di salah satu rencana perjalanan tahun ini.

Sebut saja seperti empal gentong, tahu cirebon, nasi jamblang, kue tapel, dan masih banyak sajian kuliner yang siap menggoyang lidah dan manjakan perut kamu.

Tak cuma itu saja, Cirebon juga terkenal dengan produk-produk ekonomi kreatif (ekraf) serta UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang memiliki ciri khasnya sendiri.

“Kabupaten Cirebon punya potensi yang akan kita kembangkan asal kita bergandengan tangan. Saya serahkan Pak Bupati dan teman-teman ekraf untuk menentukan mana subsektor ekraf yang menjadi unggulan,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, usai mengisi workshop KaTa Kreatif di Cirebon, Minggu, 19 Juni 2022 kemarin.

Menurut Sandiaga dengan berkembangnya produk ekraf akan tercipta produk dengan ciri khas Cirebon yang memberikan dampak pada perekonomian daerah.

Siap ke Cirebon untuk manjakan perut?

Untuk mengedepan hal itu, salah satu usaha Sandiaga Uno adalah menyelenggarakan program Pengembangan Kabupaten/kota (KaTa) Kreatif Indonesia, agar dapat menggali potensi yang dimiliki para pelaku ekonomi kreatif di Cirebon.

Sebab, lanjut Sandiaga, kuliner Cirebon memiliki daya tarik tersendiri untuk wilayah ini.

“Kabupaten Cirebon ini punya kuliner yang beragam dan enak-enak sekali, seperti Nasi Jamblang, Empal Gentong. Selain itu ada produk fesyen seperti batik khas Cirebon. Produk-produk subsektor ekraf inilah yang harus kita kembangkan dan tingkatkan kualitasnya,” bebernya.

Nantinya, Sandiaga menambahkan bahwa pemasaran produk pelaku ekraf Kabupaten Cirebon akan dibantu pihak pemerintah melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

“Di mana 30 juta UMKM didorong masuk ke dalam platform dan onboarding digital, didukung dengan adanya aturan dari pemerintah tentang kewajiban membeli produk-produk UMKM ini karena masuk ke dalam melalui E-katalog," kata Sandiaga.

“Kami sangat mendukung, karena produk ekraf ini bisa menciptakan peluang usaha dan kerja. Tahun ini kita targetkan lapangan kerja tercipta 700 ribu dari sektor ekonomi kreatif. Kami harapkan ini menjadi tatanan ekonomi baru dan membawa Kabupaten Cirebon segera bangkit dan pulih,” tambahnya menjelaskan.

Sumber: Kemenparekraf.go.id

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Diolok-olok hingga Diadang Spanduk, Ganjar Pranowo Malah Ajak Makan Pendukung Prabowo-Gibran

Diolok-olok hingga Diadang Spanduk, Ganjar Pranowo Malah Ajak Makan Pendukung Prabowo-Gibran

Mereka bahkan membentangkan spanduk Prabowo-Gibran di saat mobil rombongan Ganjar melintas.

Baca Selengkapnya
Segini Besaran Santunan untuk Korban Meninggal Kecelakaan KA di Cicalengka

Segini Besaran Santunan untuk Korban Meninggal Kecelakaan KA di Cicalengka

Kementerian BUMN umumkan santunan untuk korban kecelakaan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Gak Enakan

NOTED KAK! Gak Enakan

Sahabat Dream pernah nggak sih punya perasaan gak enak minta bantuan atau kasih komentar tapi malah jadi makan hati sendiri?

Baca Selengkapnya