Menyibak Rahasia Gunung 'Pelangi'

Formasi beraneka warna dan bergaris ini mungkin lebih mirip dengan sebungkus permen daripada gunung.

Sandy Mahaputra
| 18 Juli 2018 10:38

Dream - Biasanya kebanyakan pegunungan cuma berwarna hijau. Beda di Peru, Amerika Latin yang punya pegunungan berwarna merah, kuning, biru dan hijau, seperti pelangi.

Rainbow Mountains memiliki bentuk keindahan alami yang luar biasa. Formasi beraneka warna dan bergaris ini mungkin lebih mirip dengan sebungkus permen daripada gunung.

Dengan nama asli Vinicunca, tempat ini telah masuk ke rekomendasi perjalanan yang harus dikunjungi.

Pegunungan ini dapat berwarna karena es yang menutupinya meleleh dan tanah terus mengikis. Lapisan mineral yang mencair itu meninggalkan garis warna-warni di sepanjang punggung bukit.

 Vinicunca di Peru

Warna-warna yang timbul memiliki penjelasan masing-masing. Merah berasal dari teroksidasi besi (alias karat), kuning adalah karena kehadiran sulfida besi, ungu kecoklatan berasal dari goetit atau limonit teroksidasi, dan hijau dari klorit (bukan vegetasi).

Untuk bisa sampai ke sana ada beberapa pilihan pertama, kamu harus pergi ke Cusco dengan mengambil penerbangan lanjutan dari ibu kota Peru, Lima.

Dari sana, lanjutkan dengan naik bus selama tiga jam (biayanya sekitar Rp450 ribu per orang). Untuk mencapai tempat dan mendapatkan spot paling mengesankan, kamu harus mendaki jalan setapak yang kurang dari enam mil saat naik dan turun.

Kamu disarankan datang di jam 3.30 pagi untuk pemandangan yang mengagumkan. Saat cuaca cerah kamu bisa benar-benar jelas menyaksikan gunung dengan warna-warni pelangi yang bergelombang ini.

Meskipun ketinggian dapat menjadi faktor yang menantang bagi beberapa pejalan kaki, kamu bisa menghabiskan beberapa hari di Cusco terlebih dahulu sebelum berkunjung ke tempat ini. Karena akan membantu kamu menyesuaikan diri dengan kondisi di sana.

(Sumber: huffingtonpost.com)

Laporan: Qonita Lutfia

Topik Terkait :

Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie

Jangan Lewatkan