Menyusuri Kampung dengan Sepeda, Gaya Baru Wisata di Yogyakarta

Kamu bisa jalan-jalan di Yogyakarta tanpa repot naik apa, cukup dengan sepeda.

Ahmad Baiquni
| 28 Agustus 2020 11:10

Dream - Bersepeda tengah jadi tren yang banyak diminati. Pandemi Covid-19 membuat banyak orang sadar akan pentingnya kesehatan.

Hal sama terjadi pula di Yogyakarta. Masyarakat mulai beralih dari moda transportasi motor dan mobil ke sepeda dalam beraktivitas sehari-hari.

Pemerintah Kota Yogyakarta menangkap fenomena ini sebagai peluang. Untuk mengeliatkan kembali sektor pariwisata, Pemkot Yogyakarta membuat inovasi dengan meluncurkan gaya wisata keliling kampung dengan bersepeda.

" Minat masyarakat yang sedang hobi bersepeda ini adalah potensi atau momentum yang harus ditangkap untuk mengenalkan banyak daya tarik wisata di Yogyakarta," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Maryustion Tonang.

 Gedung BNI 46 Nol Kilometer Yogyakarta

Gedung BNI 46 di titil Nol Kilometer Kota Yogyakarta, salah satu spot yang digemari untuk foto (Shutterstock.com)

Salah satu daya tarik wisata di Yogyakarta adalah suasana perkampungannya. Daya tarik ini akan dikembangkan menjadi destinasi wisata yang menarik dan bisa diakses dengan cara bersepeda.

" Kampung-kampung wisata akan diarahkan ke sana. Selain bersepeda, wisatawan juga bisa mengetahui banyak potensi yang ada di kampung-kampung tersebut. Nantinya, akan ada paket wisata bersepeda," kata Maryustion.

Dalam pelaksanaan program ini, Dispar Yogyakarta akan melibatkan banyak pihak. Sehingga, peluang menjadikan Yogyakarta sebagai destinasi wisata bersepeda dapat terealisasi dalam bentuk paket wisata.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Perlindungan Anak Kota Yogyakarta, Edy Muhammad, pihaknya menyiapkan 45 rute bersepeda berkeliling kampung. Sehingga, aktivitas wisata diharapkan tidak lagi terpusat di Malioboro.

" Harapannya, pesepeda tidak hanya terkonsentrasi di kawasan Malioboro saja, tetapi mereka juga bisa bersepeda berkeliling perkampungan sambil menikmati berbagai potensi yang ada," kata Edy.

 Melintasi kampung

Rute kampung di Yogyakarta cukup menarik disisiri dengan sepeda (Shuttertock.com)

Paket wisata sepeda nantinya akan dikerjasamakan dengan banyak pihak. Terutama dengan hotel dan penyedia jasa penyewaan sepeda.

" Tamu yang menginap di hotel bisa meminjam sepeda dan kemudian berkeliling kampung menikmati potensi di kampung dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kampung karena banyak wisatawan yang berkunjung," ucap dia.

Edy pun berharap rute wisata sepeda bisa diluncurkan tahun ini. Ini agar tidak kehilangan momentum meski pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Agus Arif, mengatakan saat ini sudah ada sejumlah jalur sepeda di jalanan Kota Yogyakarta. Termasuk pula di perkampungan khususnya kampung wisata.

" Bahkan sudah ada penanda arah untuk jalur sepeda yang masuk ke perkampungan. Peta rute jalur sepeda ini sudah kami sampaikan ke Dinas Pariwisata untuk diolah menjadi rute wisata sepeda," ucap Agus.

Sumber: Merdeka.com

"MILENIAL MEMBANGUN NEGERI PESTA RAKYAT SIMPEDES 2020 "

Jangan Lewatkan