Mesti Dicoba! Tips Selfie Keren Saat Solo Traveling

Meski traveling sendirian, kamu tetap bisa kok menghasilkan foto-foto selfie yang keren.

Puri Yuanita
| 19 Januari 2017 15:21

Dream - Rasanya tidak ada orang yang tidak suka traveling. Traveling saat ini telah menjadi gaya hidup tersendiri dan bukan sekadar kegiatan yang bisa dilakukan kelompok tertentu saja. Bahkan ada anjuran melakukan solo travel, karena bisa menumbuhkan sifat kepemimpinan.

Solo traveling mungkin terdengar tidak seseru traveling bersama teman. Akan tetapi, pengalaman solo traveling bisa jadi sangat bermanfaat, misalnya kesempatan bertemu orang baru, belajar kebudayaan baru dan membantu kamu menjadi lebih percaya diri.

Tetapi, mungkinkah mendapatkan selfie yang sempurna saat solo traveling? Jangan khawatir, meski traveling sendirian, kamu tetap bisa kok menghasilkan foto-foto selfie yang keren.

Nah, berikut sejumlah tips dan trik untuk mendapatkan selfie sempurna saat traveling, yang dirilis Vivo:

1. Rasio Wajah 1:3

Fotografer ternama, Steve McCurry, percaya bahwa proporsi adalah segalanya. Sama seperti fotografi lainnya, ada trik khusus untuk membuat selfie kamu menjadi semakin sempurna. Untuk mendapatkan traveling selfie yang sempurna, ikuti aturan rasio wajah 1:3. Artinya, selfie tidak harus selalu foto close up.

Cobalah memasukkan latar belakang semaksimal mungkin. Pertama cobalah tentukan latar belakang yang akan ditampilkan, lalu tempatkan wajah kamu sesuai latar belakang. Ambil foto dari sudut yang lebih tinggi untuk mendapatkan pemandangan lebih banyak dan perspektif lebih baik sehingga kamu juga terlihat keren di foto.

2. Atur Pencahayaan

Salah satu aspek penting dalam fotografi adalah pencahayaan. Pastikan subyek foto kamu (khususnya dirimu sendiri) terpapar pencahayaan yang memadai. Menurut jurnalis foto NYT yang juga juri Photo Face Off, Justin Mott, pencahayaan alami adalah pencahayaan terbaik. Mott juga mengatakan bahwa jika ada cahaya dari belakang, hasil foto yang dihasilkan akan tampak berbayang, kecuali kamu menggunakan flash.

Pastikan untuk mengetahui dari mana sumber cahaya berasal. Lalu pastikan untuk menjauh dari sumber cahaya ketika kamu mengambil foto. Sumber cahaya bisa berasal dari lampu, jendela atau matahari. Namun apabila kamu masih bingung dengan aturan ini, coba gunakan Vivo V5 yang dilengkapi dengan Selfie Softlight yang otomatis dapat mendeteksi pencahayaan sekitar dan dapat langsung dihidupkan jika diperlukan. Fitur ini membuat efek pencahayaan seperti studio foto profesional.

3. Lakukan Aktivitas yang Menarik

Pastikan selfie kamu tidak membosankan dan untuk mendapat selfie terbaik adalah dengan mencoba berbagai variasi. Lakukan aktivitas menarik dalam selfie seperti menari, yoga, memakai riasan yang berbeda, atau memakai baju etnik.

Untuk tips ini, gunakan timer dan jangan lupa untuk membawa tongsis atau bahkan tripod kecil. Dengan variasi ini, selfie menjadi lebih seru dilihat dan instagramable.

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone

Jangan Lewatkan