Misteri Kota Palsu yang Tiba-tiba Berubah Jadi Nyata

Awalnya, kota palsu ini diciptakan oleh para pembuat peta dan kamus dengan tujuan untuk menangkap para peniru. Tapi kemudian.......

Puri Yuanita
| 20 Maret 2017 17:49

Dream - Pada tahun 1930, sebuah kota kecil bernama Agloe tiba-tiba saja muncul di peta New York. Berada di sebuah jalan yang mengarah ke Rockland, kota ini berdekatan dengan Beaverkill. Sebelumnya, jalan tempat Agloe berada tidak pernah dikunjungi oleh siapapun dan hanya sedikit orang saja yang mengetahui keberadaanya.

Kota Agloe diciptakan oleh para pembuat peta dan kamus dengan tujuan untuk menangkap para peniru. Awalnya, perusahaan membuat peta dengan sangat rinci mulai dari nama hingga tata letak kotanya masing-masing.

Sayangnya, untuk menangkap para peniru. Para pembuat peta membuat perangkap kecil dengan membuat kota palsu. Sebuah kota fantasi yang sebenarnya tidak ada di tempatnya.

agloe

Hal ini dilakukan dengan tujuan memberitahu masyarakat bahwa peta yang asli adalah peta yang tidak memiliki kota Agloe-nya.

Dalang di balik pembuatan " kota palsu" tersebut tidak lain adalah Otto G. Lindberg, Direktur General Drafting Co. dan asistennya Ernest Alpers pada tahun 1930. Mereka meciptakan kota palsu yang diberi nama Agloe yang merupakan kombinasi dari inisial nama mereka berdua.

Setelah beberapa tahun berlalu, organisasi peta lain yang terkenal, Randy McNally mengeluarkan peta New York asli dengan posisi tempat yang sama persis dengan kota Agloe. Linberg dan Alpers pun menanggapi hal tersebut dengan lucu dan menuduh organisasi tersebut sudah melakukan kegiatan meniru peta orang lain. Pengacara Randy McNally pun memberikan bukti yang valid atas keberadaan kota Agloe tersebut.

agloe

Dalam bukti yang diberikan terdapat sebuah bangunan nyata yang diberi nama 'Agloe General Store'. Bangunan tersebut merupakan toko yang didistribusikan oleh Esso. Pemilik toko berpikir bahwa tempat itu benar bernama Agloe dan menjadikannya nama tokonya. Sayangnya, toko tersebut tak bertahan lama dan kini sudah tidak dibuka lagi oleh sang pemilik.

Anehnya, selama 3 tahun terakhir ini, Agloe muncul di Google Maps yang berlokasi di tempat yang sama persis dengan peta yang dibuat oleh Linberg dan Alpers 80 tahun silam.

(Sumber: amusingplanet.com/Awalendi EP)

Topik Terkait :

Laporan Khusus - Muslim Penakluk Oscar

Rekomendasi Pilihan

Jangan Lewatkan

Satu-satunya Danau di Dunia yang Mengalir ke 2 Samudera
NEWS 19 Maret 2017 09:19

Danau ini memiliki julukan "Two Ocean Lake" atau bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia 'Danau Dua Samudera'.