Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Mudik Dilarang, Sandiaga Siapkan Strategi Alternatif Pemulihan Sektor Parekraf

Mudik Dilarang, Sandiaga Siapkan Strategi Alternatif Pemulihan Sektor Parekraf Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno

Dream - Upaya membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terus digenjot Pemerintah. Pulihnya sektor ini akan memberikan dampak pada kokohnya perekonomian nasional yang jatuh akibat pandemi Covid-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan sejumlah destinasi wisata mulai menunjukkan geliat. Terutama destinasi di Bali, Batam, Bintan, Riau, maupun Jabodetabek mulai banyak didatangi pengunjung.

"Liburan Paskah kemarin, kami memantau di beberapa titik seperti destinasi pariwisata unggulan dan tulang punggung Bali, di seputar Jabodetabek, Batam, Bintan, dan Riau menunjukkan angka yang meningkat dan itu perlu kita syukuri," ujar Sandiaga saat Media Briefing, Senin 5 Maret 2021.

Seperti pada Bali, Sandiaga mengatakan selama Libur Paskah jumlah kunjungan per hari mencapai 8.000 wisatawan nusantara. Dia mengatakan adanya hal positif ini sekaligus menjadi pengingat seluruh masyarakat termasuk pelaku parekraf untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang tetap dan disiplin.

Jelang musim mudik, Pemerintah memberikan opsi produk-produk ekonomi kreatif kepada seluruh lapisan masyarakat. Ini sebagai pengganti larangan mudik pada saat Lebaran nanti.

"Peluang yang sekarang kami tingkatkan dari produk-produk ekonomi kreatif pengganti dari larangan mudik sebagai opsi bagi masyarakat yang tidak bisa bersilaturahim ke kampung halamannya, tentu bisa mengganti dengan produk-produk ekonomi kreatif," kata Sandiaga.

Bersama dengan Menteri Perindustrian dan Perdangangan, Sandiaga berencana memberikan kemudahan dalam pengiriman barang. Pemerintah dapat memberikan insentif ongkos kirim untuk pengiriman barang ke kampung halaman bagi setiap masyarakat yang tidak bisa mudik.

Tidak hanya itu, Pemerintah mengembangkan terus desa-desa wisata unggulan agar semakin banyak wisatawan yang datang. Ini guna mempercepat pemulihan perekonomian nasional.

"Kunjungan yang saya lakukan sendiri ke desa-desa wisata menunjukan potensi yang sangat besar, desa wisata seperti desa wisata Lerep di Kabupaten Semarang, wisata Dusun Semilir juga Dusun Butuh dan beberapa spot pariwisata ini menunjukkan geliatnya," tutur Sandiaga.

Laporan: Josephine Widya

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tiru Singapura, Sandiaga Uno Ingin Demam Swiftonomics Terjadi di Indonesia

Tiru Singapura, Sandiaga Uno Ingin Demam Swiftonomics Terjadi di Indonesia

Sandiaga menyebut Indonesia membutuhkan "Swiftonomics" untuk mendongkrak sektor pariwisata.

Baca Selengkapnya
Demi Raih Banyak Suara, Caleg PAN Rela Jual Ginjal untuk Modal Kampanye

Demi Raih Banyak Suara, Caleg PAN Rela Jual Ginjal untuk Modal Kampanye

Pria kelahiran 23 Juni 1976 itu mengaku menghadapi tantangan besar dalam membiayai kampanyenya. Keterbatasan ekonomi membuatnya mengambil langkah menjual ginjal

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.