Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Nglanggeran Dinobatkan Sebagai Desa Wisata Terbaik Se-ASEAN

Nglanggeran Dinobatkan Sebagai Desa Wisata Terbaik Se-ASEAN Desa Wisata Nglanggeran (Foto: Www.wisata.gunungkidulkab.go.id)

Dream - Masyarakat Indonesia kembali dibuat bangga lantaran pariwisata Indonesia terus menorehkan prestasi di kancah internasional. Prestasi yang diraih kali ini adalah dinobatkannya Desa Nglanggeran di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta sebagai desa wisata terbaik ASEAN tahun 2016.

Desa satu ini memang layak mendapat predikat demikian sebab punya sederet daya tarik yang bisa memikat setiap wisatawan. Mulai dari keindahan hingga kearifan lokalnya. Desa Nglanggeran berada di Kecamatan Pathuk, di atas perbukitan, sekitar 30 menit saja dari pusat kota Yogyakarta.

"Desa ini memiliki 2 keunggulan destinasi, yakni Ekowisata Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran," jelas Larasati Sedyaningsih, PIC Tim Percepatan Destinasi Borobudur Kementerian Pariwisata, melalui keterangan pers tertulis, Rabu, 18 Januari 2017.

Gunung Api Purba itu merupakan gunung batu dari karst. Untuk mencapai puncak dibutuhkan 1,5-2 jam. Sedangkan Embung Nglanggeran adalah bangunan berupa kolam yang diperuntukkan menampung air hujan serta mengumpulkan air dari sumber Sumurup yang terletak di Gunung Api Purba.

Selain itu, desa wisata ini juga memiliki program "live in" yaitu kegiatan menginap di homestay serta melakukan aktivitas sehari-hari sekaligus berinteraksi dengan penduduk.

Menindaklanjuti prestasi yang diraih Desa Nglanggeran, Kemenpar pun tak tinggal diam. Sejumlah langkah akan dan sedang dilakukan.

"Homestay mereka (Nglanggeran) segera harus difasilitasi untuk masuk ke ITX–Indonesia Travel Xchange, digital market place platform yang diendors Kemenpar untuk membantu selling, dan mempertemukan dengan seluruh buyers dari manapun juga di seluruh dunia," jelas Menpar Arief Yahya.

Menpar juga sudah mempersiapkan platform untuk membantu membuat pemilik homestay desa wisata itu semakin profesional. "Saya ingin yang selama ini dikelola dengan semangat koperasi itu menjadi korporasi. Saya akan buatkan mereka format laporan keuangan yang simple, laba rugi, neraca, cash flow, secara sistemik dan digital. Itu akan membuat mereka semakin maju dan tertib dalam mengelola bisnis homestay-nya," tutur Arief Yahya.

Di samping itu, demi memudahkan akses wisatawan menuju Desa Nglanggeran dan sejumlah destinasi di Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Presiden Joko Widodo juga berencana melakukan groundbreaking pembangunan Bandara Kulon Progo pada tanggal 23 Januari 2017. Ditargetkan bandara ini sudah bisa beroperasi pada Juni 2019.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Rekomendasi Kota di Luar Negeri yang Bagus untuk Rayakan Tahun Baru, Mana Impianmu?

9 Rekomendasi Kota di Luar Negeri yang Bagus untuk Rayakan Tahun Baru, Mana Impianmu?

Destinasi itu menjadi pengalaman hidup yang tidak akan pernah kamu lupakan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Teka Teki Tagline Makanan

BUNGKUS! Teka Teki Tagline Makanan

Sahabat Dream tebak-tebakan lagi yuk. Kira-kira kalian pada tahu gak jenis makanan apa dari tagline iklan ini? Berapa banyak yang kalian bisa tebak?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ketika Punya Teman Cepat Lapar

NOTED KAK! Ketika Punya Teman Cepat Lapar

"Bu Agus Lapar Bu!" Sahabat Dream, punya gak temen yang cepat banget lapar kalau lagi kerja? Ikut senewen nggak sih melihatnya?

Baca Selengkapnya