NTT Duduki Podium Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia

NTT menyabet juara pertama di lima kategori

Ahmad Baiquni
| 22 Mei 2021 13:10

Dream - Nusa Tenggara Timur dinobatkan sebagai Juara Umum dalam Anugerah Pesona Indonesia 2020. NTT berhasil menyisihkan provinsi-provinsi lain di Indonesia.

Hebanya, NTT memborong gelar juara di lima kategori. Mulai dari kategori makanan tradisional, destinasi belanja, dataran tinggi, situs sejarah, dan kampung adat.

Chairman API, Hiro Kristanto, gelaran API kali ini mulai menunjukkan komposisi juara yang berbeda. Gelar juara kini tidak lagi didominasi provinsi di Sumatera maupun Jawa namun bergeser ke kawasan timur Indonesia.

" Mulai banyak bermunculan juara dari wilayah Sulawesi Tenggara, Maluku, dan, tentu saja, Nusa TenggaraTimur," ujar Hiro.

Hiro menjelaskan, jumlah perolehan suara tahun ini tidak terpaut jauh dari tahun sebelumnya. Tahun ini sebanyak 890.736 suara yang diperoleh dari tiga saluran pemungutan suara, yaitu SMS, e-flyer, dan video pariwisata.

Dari sisi publikasi dan pemberitaan online, panitia mencatat terdapat 3,4 juta tautan, 53,9 ribu pemberitaan, dan diperkirakan lebih dari 25 juta unggahan yang dibagikan di media sosial.

" Hal ini tentunya berdampak positif bagi promosi pariwisata Indonesia, baik di dalam negeri maupun mancanegara,” kata Hiro.

Selain itu, kata Hiro, penyelenggaraan kali ini menjadi pertama kali pihaknya menggandeng travel blogger maupun influencer sebagai Duta Promosi API (API Ambassador). Mereka dilibatkan untuk membantu para peserta mempromosikan nominasinya, dikutip dari Liputan6.com.

BERANI BERUBAH: Masker Kulit Sapi Pembuka Pintu Rezeki

Jangan Lewatkan