Nyamannya 'Mushola Gangnam' di Korea Selatan

Distrik Gangnam dikenal sebagai salah satu distrik terbesar di Ibukota Korea Selatan. Tak hanya itu, Gangnam juga dikenal dengan eksklusivitasnya.

Puri Yuanita
| 16 Februari 2016 16:37

Dream - Masih ingat dengan lagu 'Gangnam Style'? Lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi asal Korea Selatan ini sempat populer di Indonesia dan dunia beberapa tahun silam.

Usut punya usut, lagu Gangnam Style sendiri ternyata terinspirasi dari salah satu kawasan elit di kota Seoul, yakni Distrik Gangnam.

Distrik Gangnam dikenal sebagai salah satu distrik terbesar di Ibukota Korea Selatan. Tak hanya itu, Gangnam juga dikenal dengan eksklusivitasnya.

Area ini banyak dihuni orang-orang kaya Korea. Distrik ini juga dikenal dengan standar hidup masyarakatnya yang tinggi dan identik dengan segala sesuatu yang mahal. Distrik Gangnam kerap dibandingkan dengan kota-kota mahal di dunia seperti Beverly Hills, California.

Kawasan ini juga populer sebagai salah satu pusat bisnis dan pusat hiburan di Korea Selatan. Namun siapa sangka, distrik yang penuh " hingar-bingar keduniawian" itu ternyata masih mengedepankan religiusitas.

Banyak masjid atau mushola sebagai tempat ibadah tersedia untuk masyarakat dan turis muslim yang datang ke kawasan ini.

Pemerintah Korea Selatan memang tengah gencar mempromosikan wisata halal di negerinya. Komitmen tersebut ditunjukkan lewat berbagai fasilitas bagi turis muslim yang kian lengkap di Korea, mulai dari masjid, restoran halal dan hotel halal.

Distrik Gangnam pun tak luput dari penyediaan fasilitas bagi turis muslim. Kini tak sesulit dulu untuk mendapatkan tempat salat di Gangnam. Gedung-gedung vital seperti COEX Convention & Exhibition Center di sana pun kini telah dilengkapi dengan tempat salat yang dirancang dengan sangat apik.

Baru-baru ini, foto-foto fasilitas ruang salat di COEX Exhibition Center pun sempat menjadi viral lantaran kenyamanan yang ditawarkan.

Foto-foto tersebut menuai tanggapan positif dari netizen terutama para traveler muslim yang kerap berkunjung ke Korea Selatan. Sebagian besar netizen salut dengan komitmen pemerintah Korsel yang begitu memprioritaskan wisatawan muslim, meskipun negara tersebut adalah negara dengan minoritas muslim.

Dalam foto-foto yang awalnya diunggah oleh Facebook Halal Expo Korea itu tampak fasilitas tempat salat di COEX Gangnam memang dibuat begitu nyaman. Tempat tersebut dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC), petunjuk arah kiblat, tempat salat dan wudhu terpisah bagi perempuan dan laki-laki, disediakan sajadah, mukena dan Alquran yang tersimpan rapi dalam sebuah lemari. Ruangan dilengkapi pula dengan alas karpet yang lembut dan tebal.

Kehadiran fasilitas salat super nyaman di Distrik Gangnam pun cukup banyak mendapat reaksi positif dari netizen asal Indonesia. Karena seperti diketahui, Korea Selatan merupakan salah negara yang paling difavoritkan traveler asal Indonesia. Dengan adanya fasilitas tersebut, turis muslim tak lagi kesulitan beribadah selama traveling.

(Berbagai sumber)

Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna

Jangan Lewatkan