Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Omicron Melonjak, Sandiaga Uno Ingatkan Tetap Berhati-hati dan Waspada

Omicron Melonjak, Sandiaga Uno Ingatkan Tetap Berhati-hati dan Waspada Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (Dream.co.id/Abinsha Nurmaulida Rizky)

Dream - Indonesia kini tengah menghadapi gelombang ketiga Covid-19 akibat varian Omicron. Jumlah kasus positif baru dalam beberapa hari terakhir melonjak tinggi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno angkat bicara. Lonjakan kasus yang terjadi menempatkan Indonesia posisi pertama negara dengan penularan Omicron terbanyak di Asia Tenggara.

"Berkaca dari peningkatan kasus di negara lain, Indonesia akan melihat jumlah kasus yang meningkat secara signifikan di bulan Februari hingga awal Maret," ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin, 31 Januari 2022.

Sandiaga mengingatkan semua pihak untuk tetap berhati-hati dan waspada. Sebab, lonjakan kasus yang terjadi kemungkinan bisa dua kali lipat dari varian Delta.

Pihaknya terus mendorong para pengelola industri pariwisata memperketat penerapan protokol kesehatan seiring dengan peningkatan kasus Omicron. Varian Covid-19 ini diprediksi mencapai puncaknya di pertengahan Februari hingga awal Maret 2022.

 

Selanjutnya, Sandiaga mengatakan opsi penutupan tempat wisata belum diumumkan. Meski begitu, skema PPKM tetap dijalankan dengan penetapan level menyesuaikan peningkatan kasus.

Sandiaga juga mengingatkan untuk meningkatkan tiga hal utama. Mulai dari peningkatan protokol kesehatan 3M dan 3T, vaksinasi yang harus disiapkan untuk pelaku parekraf, dan sosialisasi serta edukasi terhadap masyarakat.

Meski begitu, Sandiaga menyatakan tingkat hunian rumah sakit dan angka kematian akan jauh lebih rendah dibandingkan dengan kasus-kasus sebelumnya. Dari data-data yang ada, masyarakat yang terjangkit omicron kebanyakan belum menerima vaksinasi.

"Momentum kebangkitan sektor parekraf dan pencipta lapangan kerja tidak terdistruksi. Oleh karena itu kita harapkan bahwa sektor parekraf bisa membangun citra yang baik sehingga Indonesia bisa menggeliat kembali ekonominya," kata Sandiaga.

Laporan: Abinsha Nurmaulida Rizky

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
IKN Segera Beroperasi, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Minta Sungai Mahakam Disulap Jadi Destinasi Pariwisata

IKN Segera Beroperasi, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Minta Sungai Mahakam Disulap Jadi Destinasi Pariwisata

Akmal mengajak Dinas Pariwisata belajar mengelola potensi dan berkolaborasi dengan mitra dan para pemangku industri pariwisata lainnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.