Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pakar: Pemulihan Sektor Parekraf Perlu Strategi Jitu

Pakar: Pemulihan Sektor Parekraf Perlu Strategi Jitu Ilustrasi Bali (Shutterstock.com)

Dream - Covid-19 masih akan berlangsung sebagai pandemi dalam beberapa waktu ke depan. Namun demikian, diprediksi pandemi ini akan berubah menjadi endemi laiknya flu biasa.

Pakar Pandemi dan Global Health Security Griffith University Australia, Dicky Budiman, menyatakan setiap negara harus responsif menghadapi perubahan ini. Terutama untuk pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Dicky menilai perlu adanya tourism crisis and disaster management untuk mengantisipasi dampak buruk yang bisa timbul.

"Kita harus responsif dengan satu sistem dan berupaya dalam level terkendali. Perlu upaya dari sektor hotel dan wisata, protokol kesehatan harus selalu dijaga," kata Dicky pada Weekly Press Briefing Kemenparekraf, Senin 30 Agustus 2021.

Pakar yang juga lulusan Fakultas Kedokteran UNPAD ini, menjelaskan banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam proses pemulihan sektor parekraf di masa pandemi. Pertama, wisatawan harus dipastikan tidak memiliki risiko menularkan virus.

Kedua, seluruh destinasi di Indonesia perlu menerapkan syarat masuk berupa hasil tes negatif Covid-19. Ketiga, transportasi umum melakukan tahap screening yang ketat sebelum penumpang diperbolehkan masuk.

Keempat, masyarakat membutuhkan asuransi karena jaminan kesehatan di Indonesia masih terpaut rendah. Jika semakin banyak pihak yang turut berpartisipasi, pemulihan sektor parekraf akan bergerak semakin cepat.

 

Pariwisata Diprediksi Pulih dalam 3 Tahun

Berpengalaman 24 tahun Dicky di bidang kesehatan, memprediksi kondisi parekraf Indonesia pulih sepenuhnya dalam tiga tahun ke depan.

"Pariwisata domestik dan mancanegara baru akan pulih 100 persen pada tahun 2024," kata dia.

Tetapi, saat ini Indonesia masih berada dalam tahap survival mode. Sehingga proses keluar masuk antar pulau harus tetap menerapkan karantina kecuali wisatawan sudah menerima vaksin secara lengkap dan memiliki hasil tes negatif Covid-19.

Lebih lanjut, Dicky belum dapat memberikan penjelasan pasti mengenai kapan pandemi akan berakhir. Dia mengaku hanya mampu memprediksi.

"Tapi pandemi pasti selesai dan paling lama itu empat sampai enam tahun," kata dia.

 

Genjot Percepatan Pemulihan Sektor Parekraf

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, menyatakan pihaknya terus menggiatkan upaya percepatan pemulihan sektor parekraf. Beberapa upaya telah dan akan ditempuh, mulai dari vaksinasi hingga optimalisasi aplikasi PeduliLindungi.

Sandiaga mengatakan pihaknya segera meluncurkan kampanye 'Ayo Vaksin, Ayo Prokes. Kampanye ini melibatkan komika maupun penyanyi dangdut dengan menyasar masyarakat di tinggal di sekitar kediaman para seniman ini.

Selain itu, pihaknya juga telah mendirikan 37 sentra vaksinasi di sejumlah titik seluruh Indonesia. Dari fasilitas ini, Sandiaga menargetkan sebanyak 450 ribu orang menerima suntikan hingga September mendatang.

"Aplikasi PeduliLindungi akan menjadi basis, tapi perlu sosialisasi yang gencar agar masyarakat lebih mengerti aplikasi ini. Terdapat klasifikasi warna seperti hijau, merah, kuning, dan hitam," kata Sandiaga.

Aplikasi ini mempermudah Pemerintah mendeteksi jumlah masyarakat yang sudah menerima vaksinasi. Apabila kasus positif Covid-19 terus menurun, wacana Bali dibuka lagi bagi wisatawan asing dapat menjadi kenyataan.

Selain itu, Sandiaga berharap G20 akan menyentuh lima destinasi super prioritas pada bulan November mendatang. “Kita harus mengencangkan ikat pinggang, memulihkan sektor parekraf,” jelasnya dengan penuh semangat.

Laporan: Angela Irena Mihardja

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Keberatan Pajak Hiburan Naik 40-75%, Inul Daratista: Kalian Bukan Wakil Rakyat

Keberatan Pajak Hiburan Naik 40-75%, Inul Daratista: Kalian Bukan Wakil Rakyat

Inul Daratista berharap pemerintah memperhatikan penderitaan rakyat kecil jika pajak benar-benar naik.

Baca Selengkapnya
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

Beberapa penyakit bisa dialami saat berpuasa. Terutama jika tidak terbiasa dengan pola makan baru. Hindari penyakit tersebut dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
Strategi Pamungkas Ganjar Pranowo di Debat Capres Terakhir

Strategi Pamungkas Ganjar Pranowo di Debat Capres Terakhir

Ganjar juga akan menekankan pentingnya KTP Sakti sebagai basis satu data masyarakat Indonesia dalam menangani berbagai sektor

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.