Pantai Boracay Dibuka Kembali dengan Aturan Baru

Wajah Boracay kini kembali cantik.

Ahmad Baiquni
| 5 November 2018 13:08

Dream - Pantai Boracay merupakan destinasi wisata terkenal di Filipina. Pantai ini sempat ditutup oleh pemerintah pada April 2018 lalu.

Penutupan dilakukan setelah Presiden Rodrigo Duterte kecewa dengan kondisi Boracay yang kumuh akibat aktivitas wisata yang tidak terkontrol. Bahkan, Duterte sampai mengibaratkan Boracay seperti kakus akibat pencemaran limbah mentah dari hotel dan restoran yang mengalir langsung ke laut.

Destinasi ini kini kembali dibuka namun dengan aturan baru. Beberapa di antaranya seperti pembatasan jumlah penginapan dan jumlah wisatawan yang berkunjung.

Jumat pagi dua pekan lalu menjadi awal dibukanya kembali Pantai Boracay. Para wisatawan mengaku baru pertama kali datang dan terkesima dengan keindahan Boracay setelah direnovasi.

" Ketika saya melihat foto-foto para wisatawan di Boracay yang tergeletak seperti ikan sarden, saya tidak ingin datang ke sini. Sekarang saya berharap mendapat pemandangan indah hari ini," kata salah satu wisatawan, Josef Fuchs, dikutip dari CNA Lifestyle.

 Boracay

Pantai Boracay (Foto: Philstar.com)

Boracay sempat menjadi tempat 'persembunyian' yang tenang dan digemari para backpaker sebelum adanya pembangunan yang masif. Lantaran pembangunan tersebut, sebanyak 2 juta wisatawan datang dan membuat Boracay rusak.

Kini, wajah Boracay berubah sangat drastis. Para wisatawan mengakui penutupan Boracay adalah keputusan tepat.

" Ketika Anda pergi ke pantai, Anda akan menyadari bahwa menutupnya selama enam bulan tidaklah sia-sia," kata wisatawan lokal, Roan Tadle.

Pantai ini mengalami renovasi total. Sejumlah wahana yang terletak di bibir pantai seperti Kastil Pasir kini telah rata dengan tanah.

Tak hanya itu, sejumlah bangunan penginapan dibuldoser. Para pelaku usaha diminta kembali membuat zona penyangga sepanjang 30 meter dari garis pantai.

Pekerjaan konstruksi juga dijalankan seperti perbaikan jalan-jalan, renovasi hotel di sekitar pulau. Seluruh olahraga air, kecuali renang, juga dilarang untuk sementara waktu.

 Boracay

Pantai Boracay (Foto: Beam.land)

Boracay kerap digambarkan media wisata sebagai salah satu pantai terbaik di dunia hanya seluas 1.000 meter persegi. Tetapi, pantai itu dikunjungi oleh sekitar 40 ribu wisatawan yang menghabiskan uang mencapai US$1 miliar, setara Rp15 triliun per tahun.

Dengan aturan baru, jumlah wisatawan dibatasi paling banyak 19.200 orang untuk sekali waktu. Pemerintah berharap jumlah penginapan dapat dikendalikan.

Hampir 400 hotel dan resor di Boracay yang terbukti melakukan pelanggaran terhadap aturan lingkungan ditutup permanen. Maskapai penerbangan juga diminta membatasi jumlah penumpang yang ingin ke Boracay.

Topik Terkait :

3 Gol Timnas Indonesia ke Gawang Timor Leste

Jangan Lewatkan