Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ini yang Bikin Peselancar Dunia Ketagihan Surfing di G-Land, Jawa Timur

Ini yang Bikin Peselancar Dunia Ketagihan Surfing di G-Land, Jawa Timur Foto: World Surfing League (WSL) Championship Tour (CT) G-Land Pro 2022

Dream - Helatan internasional World Surfing League (WSL) Championship Tour (CT) G-Land Pro 2022 akan dilaksanakan di Pantai Plengkung atau G-Land, Jawa Timur, Indonesia.

Karakteristik ombak dan keindahan pantai Plengkung atau G-Land jadi pemikat para peselancar seluruh dunia untuk datang ke kawasan Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur.

G-Land diklaim sebagai salah satu dari tujuh ombak yang terbaik di dunia yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

Ombak kiri G-Land yang terkenal panjang dan tubular jadi poin penting.

Meski lokasinya terpencil di tengah hutan dan jauh dari Kota Banyuwangi bahkan menempuh jarak sekitar 80 kilometer atau dua jam perjalanan tak jadi halangan buat para peselancar datang ke kawasan ini.

Salah satu legenda selancar Indonesia asal Bali, Rizal Tandjung, mengatakan bahwa seluruh pelancar di dunia memimpikan untuk bisa berselancar di G-Land.

Para peselancar sangat excited

Walau ombak serupa bisa dijumpai di Hawaii, Fiji, dan Tahiti. Namun, G-Land di Indonesia memiliki kelebihan yaitu kondisi perairan yang hangat sehingga para surfer betah berlama-lama mencari ombak di laut.

“Indonesia memiliki air yang hangat dan hal itu yang disukai para surfer, mereka tidak perlu wetsuit untuk berselancar," kata Rizal yang pernah meraih poin sempurna di ajang serupa pada 1997 di G-Land lewat keterangannya pada Senin, 30 Mei 2022.

"Selain itu budaya dan keramahtamahan orang Indonesia menjadi nilai tambah yang para surfer sukai. Tak jarang mereka mengunggahnya ke sosial media miliknya,” jelasnya.

Foto: World Surfing League (WSL) Championship Tour (CT) G-Land Pro 2022

Ia mengatakan, mayoritas para peserta pada event kali ini belum pernah menjajal ombak di sini. Dan itulah yang membuat mereka sangat excited datang ke sini.

Ini menjadi tahapan bersejarah dari Championship Tour. Lantaran CT sebelumnya digelar di G-Land selama tiga tahun berturut-turut mulai tahun 1995 hingga 1997.

Mengangkat potensi surfing Tanah Air

Dengan peselancar asal Florida, Kelly Slater, muncul sebagai pemenang pada 1997 dan di tahun itu pula gerbong CT diparkir di sana.

Setelah 25 tahun absen, tahun ini kembali digelar dan ini menjadi momentum bersejarah bagi dunia selancar di Tanah Air.

“Event ini menjadi penting lantaran momentum ini mengangkat potensi surfing di Tanah Air, dan menjadi sorotan dari berbagai negara di dunia," ujarnya.

Ombak di G-Land menjadi salah satu pemikatnya. Semua peselancar dunia, tambah Rizal, bermimpi untuk menunggangi ombaknya.

Foto: World Surfing League (WSL) Championship Tour (CT) G-Land Pro 2022



Sementara itu, salah satu pemilik gelar 11 kali juara dunia selancar Kelly Slater mengaku senang bisa berlomba kembali di G-Land setelah beberapa tahun tidak digelar karena suatu alasan tertentu.

“Terima kasih telah menyambut kembali di Banyuwangi dengan baik dan dengan segala keramahannya. Sekitar 27 tahun yang lalu saya di sini, dan tahun ini senang bisa berada di sini kembali. Kami menantikan untuk bisa datang di event ini,” kata atlet berusia 40 tahun itu.

Sederet nama peselancar dunia

Pada kesempatan yang sama, j

Foto: World Surfing League (WSL) Championship Tour (CT) G-Land Pro 2022

uara dunia tahun lalu Gabriel Medina asal Brazil memutuskan kembali lagi mengikuti kejuaran dunia seri keenam, dimana di lima seri sebelumnya ia tidak ikut karena mengalami gangguan kesehatan mental.

Dan akhirnya peraih 3 gelar juara dunia itu memutuskan berlomba kembali di seri keenam di G-Land.

“Ini ajang selancar paling keren, dan sangat menantang lantaran lokasinya ada di tengah hutan. Surfing adalah sensasi terbaik yang harus dicoba selama hidupmu. Lantaran bisa memberikan kedamaian, kebahagiaan, petualangan, dan itu pengalaman yang menyenangkan,” ujar Gabriel.



Sementara itu, peselancar Indonesia, Rio Waida yang berhasil mengalahkan peringkat pertama dunia Filipe Toledo di babak 24 besar WSL CT G-Land Pro 2022 mengaku sangat senang bisa berlomba bersama para peselancar dunia meskipun dapat dilakukannya dengan wildcard.

Namun hal itu menjadi pemicu untuk atlet berdarah Jepang itu untuk bisa bersaing bersama para peselancar dunia.

“Biasanya saya surfing di sini dengan line up banyak orang yang juga ikut menunggu ombak. Saat lomba cuma 2 atau 3 orang di dalam laut. Jadi memudahkan untuk saya untuk melakukannya, dan saat ombak itu datang kepada saya, semua harus berhati-hati,” katanya.

Tanggapan Kemenparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Indonesia patut bersyukur dikaruniai banyak pantai dengan ombak surfing yang tersebar di sepanjang pesisir pantai bagian Barat dan Selatan Samudra Hindia serta pesisir pantai Samudra Pasifik.

Menurutnya, potensi ini harus terus dikembangkan sehingga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Indonesia.

"Indonesia mempunyai ratusan pantai surfing, 30 di antaranya menjadi lokasi surfing kelas dunia. Dan kejuaraan surfing internasional WSL membawa dampak langsung pada ekonomi di daerah serta menjadi ajang promosi yang efektif karena event sport tourism ini mendapat liputan media internasional,” katanya.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, cara terbaik bagi daerah yang menjadi destinasi surfing kelas dunia adalah dengan mengadakan kompetisi WSL tahunan yang mendatangkan peselancar internasional.

“Selain meningkatkan pendapatan ekonomi daerah, juga terpromosikan berkat liputan media ke seluruh dunia sehingga meningkatkan kunjungan para surfer dunia untuk menikmati ombak yang sempurna, pantai yang indah, dan keramahtamahan penduduk Indonesia,” katanya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tempat Wisata Terkenal Ini Ternyata punya Artis Tanah Air, Ada yang Jadi Lokasi Syuting Film

Tempat Wisata Terkenal Ini Ternyata punya Artis Tanah Air, Ada yang Jadi Lokasi Syuting Film

Tempat wisata para artis tersebut jadi salah satu pilihan menarik bagi masyarakat

Baca Selengkapnya
Cuma di Indonesia Lokasi Banjir Jadi Tempat Wisata, Banyak Pengunjung hingga Pedagang Kaki Lima

Cuma di Indonesia Lokasi Banjir Jadi Tempat Wisata, Banyak Pengunjung hingga Pedagang Kaki Lima

Banjir di Riau bagai tempat wisata, banyak pengunjung yang datang bermain air.

Baca Selengkapnya
25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

Bali menempati posisi puncak sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Tebak-tebakan Tema Sayuran

BUNGKUS! Tebak-tebakan Tema Sayuran

Sahabat Dream, kalian ada yang tahu gak tebak-tebakan dengan tema sayuran ini? Berapa yang bisa kalian jawab nggak.

Baca Selengkapnya