Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ucapkan Selamat Tinggal, Patung Merlion Sentosa Bakal Dirobohkan

Ucapkan Selamat Tinggal, Patung Merlion Sentosa Bakal Dirobohkan Shutterstock.com

Dream – Berlibur ke Singapura kurang pas rasanya jika tidak berkunjung ke Merlion Park. Bahkan terdapat semacam keharusan untuk berfoto dengan latar belakang Patung Merlion.  

Patung Merlion memang ikonik dan tidak bisa dilepaskan Singapura. Bisa dibilang, patung kepala singa berbadan ikan ini merupakan ciri dari Singapura sendiri.

Sayangnya, sebentar lagi kita mungkin tidak akan lagi bisa menyaksikan kemegahan Patung Merlion. Sebab, patung ini akan dirobohkan tidak lama lagi.

Dikutip dari World of Buzz , Patung Merlion rencananya dirobohkan pada 20 Oktober mendatang. Mengapa rencana ini bisa sampai ada?

 

Rencana Dirobohkan

20 Oktober bakal jadi hari terakhir berdirinya Patung Merlion Sentosa. Patung itu akan dirobohkan setelah tanggal itu. 

Dikabarkan oleh mothership.sg, Kepala Sentosa Development Corporation (SDC), Quek Swee Kuan, tidak ada rencana untuk merelokasi Patung Merlion ini. Meskipun begitu, SDC akan tetap mencari cara agarmasyarakat bisa mengenak patung ikonik negara Singapura ini.

 

Proyek Baru Sentosa Sensoryscape

Patung Merlion akan Dihancurkan, Ucapkan Selamat Tinggal

(Foto: worldofbuzz.com

Proyek Sentosa Sensoryscape diperkirakan menelan biaya sebesar 90 juta dolar Singapura atau Rp920 miliar.  Nantinya proyek ini juga mencakup pembuatan jalan baru seluas 30 ribu meter persegi dengan dua tingkat.

Proyek ini ditargetkan selesai pada 2022. Beberapa fase masterplan lainnya akan diluncurkan satu per satu selama 20-30 tahun mendatang.

Patung Merlion

Patung Merlion merupakan maskot Singapura. Patung yang berlokasi di Merlion Park, Sentosa ini telah menjadi salah satu objek wisata populer sejak pertama kali dibuka untuk umum pada 1995.

Patung Merlion dirancang oleh seniman Australia, James Martin dan telah menelan biaya sebesar 8 juta dolar Singapura atau Rp81 miliar saat itu. Patung Merlion Sentosa ini merupakan yang terbesar dan tertinggi di Singapura.

Tetapi, patung ini sebenarnya hanya miniatur. Pada 1972, Patung Merlion pertama pernah diresmikan di Singapore River dengan ketinggian setidaknya 8,6 meter.

Patung Pertama

Patung pertama dibuat oleh pemahat Lim Nang Seng dan diresmikan oleh Perdana Menteri Lee Kuan Yeuw pada 1972. Sebenarnya, patung ini dirancang oleh Kwan Sai Kheong, almarhum duta besar Singapura untuk Filipina serta mantan wakil rektor Universitas Singapura, sekarang bernama National University of Singapore (NUS).

Di tahun yang sama jembatan Esplanade dibangun. Sayangnya, keberadaan jembatan tersebut justru mengganggu karena menghalangi pemandangan Patung Merlion. 

Pada 2002, patung tersebut harus digeser sejauh 120 meter dari posisinya semula. Sejak saat itu, patung yang memiliki tinggi 8 meter serta berat 70 ton ini berdiri di Merlion Park yang menghadap langsung ke Teluk Marina.

Total Patung Merlion

Sebenarnya, Singapura tidak hanya memiliki satu saja Patung Merlion. Total ada tujuh Patung Merlion.

Patung terbesar berada di Sentosa. Dua patung lainnya ada di Merlion Park.Kemudian dua patung setinggi 3 meter berada di puncak Gunung Faber serta markas Singapore Tourism Board dekat dengan Grange Road.

Sisanya, terdapat dua Patung Merlion di Ang Mo Kio Avenue 1 yang mengapit pintu masuk tempat parkir. Patung tersebut mengarah langsung ke Blok 216 hingga Blok 222.

(Sumber: worldofbuzz dan mothersip.sg)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Menteri PUPR Pindah ke IKN Bulan Juli, Jokowi Tunggu Bandara dan Jalan Tol Rampung

Menteri PUPR Pindah ke IKN Bulan Juli, Jokowi Tunggu Bandara dan Jalan Tol Rampung

Jokowi akan pindah berkantor ke IKN jika jalan tol dan bandaranya selesai dibangun.

Baca Selengkapnya
3 Negara yang Menggratiskan Tarif Tol Saat Mudik Lebaran

3 Negara yang Menggratiskan Tarif Tol Saat Mudik Lebaran

Tiga negara ini gratiskan tol untuk menyambut mudik Lebaran

Baca Selengkapnya
Daftar 40 Kota Dijanjikan Anies-Cak Imin Dibangun Setara Jakarta Jika Menang Pilpres

Daftar 40 Kota Dijanjikan Anies-Cak Imin Dibangun Setara Jakarta Jika Menang Pilpres

Berikut daftar 40 kota yang rencananya akan dibangun Anies-Cak Imin jika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Gak Bawa Laptop Pas Cuti

NOTED KAK! Gak Bawa Laptop Pas Cuti

Sahabat Dream, kalian pernah gak sih lagi harinya cuti masih diminta pekerjaan oleh atasan? Kalau pernah komentar di bawah yaa.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Outfit Biar Terlihat Tingggi

DRESS IT! Tips Outfit Biar Terlihat Tingggi

Sahabat Dream ingin terlihat tinggi saat bepergian. Gak perlu pusing, cukup intip rekomendasi outfit yang bisa bikin kamu terlihat tinggi ini.

Baca Selengkapnya