Penampakan Reruntuhan Bunker Adolf Hitler

Bunker ini merupakan tempat rahasia utama yang memiliki tingkat keamanan super tinggi. Namanya diambil dari nama panggilan Hitler. Letaknya pun tersembunyi jauh di dalam hutan dan jauh dari perkotaan.

Ratih Wulan
| 14 Februari 2016 11:20

Dream - Jauh di dalam hutan Masurian yang terletak sekitar delapan kilometer dari Prusia Timur kecil, Polandia terdapat reruntuhan bunker rahasia Adolf Hitler. Tempat ini disebut sebagai Wolfsschanze atau the Wolf’s Lair.

Bunker ini merupakan tempat rahasia utama yang memiliki tingkat keamanan super tinggi. Namanya diambil dari nama panggilan Hitler. Letaknya pun tersembunyi jauh di dalam hutan dan jauh dari perkotaan.

Bunker ini merupakan kunci markas militer Hitler selama perang. Dimana ia menghabiskan lebih dari 800 hari untuk merencanakan pergerakan tentara Jerman ke arah Timur.

Bunker ini dirawat secara khusus baik dalam konstruksi dan keamanannya. Bangunan di dalam kompleks disamarkan dengan semak-semak dan pohon-pohon buatan. Dan juga, dijaga oleh beberapa penangkal senjata anti-pesawat, tank dan ranjau darat. Dilapisi pula oleh dinding bunker setebal dua meter.

Hitler begitu paranoid, sehingga mempekerjakan 15 wanita lebih yang bertugas memeriksa dan mencicipi makanan sebelum disajikan untuknya. Hal itu bertujuan untuk mamastikan bahwa makanan-makanan itu tidak beracun.

" Kami harus memakannya semuanya. Kemudian kita harus menunggu satu jam, dan setiap kali kami habis makan, kami yang ketakutan bahwa kami yang harus sakit," kenang Margot Wölk, seseorang yang bertahan sebagai pencicip makanan Hitler.

Meskipun dijaga dengan baik, salah satu upaya pembunuhan Hitler terjadi di tempat ini. Pada tanggal 20 Juli 1944, perwira angkatan darat Jerman, Claus von Stauffenberg membawa sebuah tas berisi bom dalam sebuah konferensi. Tas tersebut diletakkan hanya beberapa kaki dari Hitler.

Sayangnya, sesama perwira Jerman tanpa disadari mendorong tas menjauh dan membelokkan ledakan dari Hitler. Ia bertahan dengan hanya luka kecil. Kejadian ini merupakan sebuah upaya pembunuhan terkenal yang dramatis dan banyak diangkat dalam berbagai film dan tayangan dokumenter televisi. Seperti salah satu yang paling terkenal adalah film Valkyrie, dibintangi oleh Tom Cruise sebagai Stauffenberg pada tahun 2008 lalu.

Pada Oktober 1944, tentara merah telah mencapai perbatasan Prusia Timur, lalu mendesak Hitler untuk meninggalkan Wolf's Lair dan meminta untuk memusnahkannya.

Bunker akhirnya meledak pada Januari 1945. Butuh lebih dari sepuluh tahun untuk membersihkan tanah dan wilayah sekitarnya dari dari 54.000 ranjau darat.

Saat ini, sisa-sisa dinding bunker telah digulingkan. Reruntuhan bunker tertutupi tumbuhan-tumbuhan alami. Dan sejak jatuhnya komunisme pada 1990 tempat ini malah menarik kunjungan wisatawan. Lalu sekarang dibangun sebuah ruang pameran kecil di sana. Itu merupakan bentuk peringatan untuk Kolonel Claus von Stauffenberg.

(Sumber: www.amusingplanet.com)

Topik Terkait :

Virgoun Ternyata 'Tukang' Kentut!

Jangan Lewatkan