Pengaruh Besar Media Sosial Atas Keputusan Traveling Gen Z

Instagram memberikan pengaruh besar bagi kaum muda kekinian dalam menentukan pilihan destinasi liburan.

Ahmad Baiquni
| 30 Juli 2019 13:28

Dream - Untuk kaum muda kekinian atau yang akrab dijuluki Generasi Z (Gen Z), media sosial adalah hal wajib yang harus dimiliki. Bahkan media sosial terutama Instagram menjadi faktor kunci mereka mengambil keputusan.

Apalagi soal keputusan untuk traveling. Kaum muda di seluruh dunia pasti merujuk ke Instagram sebelum menetapkan destinasi pilihan mereka.

Laman pemesanan akomodasi online, Booking.com, merilis hasil survei terbaru mereka mengenai keterkaitan Gen Z dengan media sosial. Survei tersebut melibatkan 21.807 responden dalam rentang usia 16 tahun ke atas dari 29 negara.

 traveling

Hasilnya, Gen Z sangat bergantung pada media sosial. Tidak hanya untuk mendapatkan informasi, melainkan juga membagi pengalaman mereka selama liburan.

Sebanyak 54 persen responden Gen Z suka melihat postingan dan foto travel di media sosial. Saat akan mengambil keputusan soal destinasi, Gen Z akan mencarinya langsung ke feed mereka.

 traveling

Perempuan Gen Z cenderung memvisualisasikan liburan mereka berikutnya sambil melihat Daifeed. Sedangkan tingkat ketergantungan pada Instagram ini jauh lebih tinggi daripada rata-rata global dan bahkan milenial.

Soal pilihan destinasi, 45 persen responden menyatakan mereka dipengaruhi influencer media sosia. Sedangkan 35 persen responden percaya pada rekomendasi dari para influencer.

Namun begitu, media sosial tidak menjadi satu-satunya sumber informasi bagi Gen Z soal destinasi wisata. Sebanyak 35 persen responden menyatakan keputusan mereka memilih destinasi dipengaruhi film dan acara TV, dan 33 persen responden mendapat informasi soal destinasi secara online lewat saran teman atau lainnya.

 traveling

Sementara terkait unggahan media sosial, 43 persen Gen Z menyatakan tertarik berkunjung ke destinasi yang terlihat bagus di foto. Sementara 42 persen responden selalu mengunggah foto perjalanan mereka di media sosial.

Ketika hari-hari terakhir liburan, 29 persen Gen Z menyatakan mengambil foto sebanyak 10 hingga 30 bingkai setiap harinya. Sementara 25 persen lainnya suka memotret hingga 50 bingkai foto tiap hari.

Meski begitu, Gen Z rupanya tidak menjadikan Instagram 100 persen sebagai motivasi. Sebanyak 57 persen responden mengatakan mereka fokus pada apa yang ada di depannya dan menikmatinya daripada sibuk mengambil foto untuk media sosial.

 

Topik Terkait :

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary

Jangan Lewatkan