Penting! 6 Tips Selamatkan Diri dari Kecelakaan Pesawat

Mengetahui 6 hal ini bisa menyelamatkan hidup kamu saat terjebak dalam sebuah kecelakaan pesawat.

Puri Yuanita
| 10 Januari 2018 08:15

Dream - Banyak orang setidaknya memiliki sedikit kekhawatiran tentang penerbangan. Tak jarang, momen lepas landas pesawat dianggap sebagai " permainan" kehidupan.

Tak ada yang bisa menjamin pesawat yang ditumpangi akan selamat sampai tujuan, meskipun segala persiapan telah dijalani sesuai prosedur.

Namun, mengetahui 6 hal ini bisa menyelamatkan hidup kamu saat terjebak dalam sebuah kecelakaan pesawat. Apa saja itu? Simak ulasannya.

1. Plus Tiga, Minus Delapan

Menurut David Palmerton, pakar Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat, dalam kecelakaan pesawat, ini adalah 11 menit paling penting yang perlu diwaspadai saat sebuah pesawat terbang. Tiga menit saat lepas landas dan 8 menit terakhir sebelum mendarat, dimana 80 persen kecelakaan terjadi saat momen tersebut, biasanya disebabkan cuaca. Tetaplah waspada, sebaiknya tetap terjaga di 11 menit tersebut dan ikuti aturan yang berlaku.

2. Persiapkan Barang Bawaan

Kebanyakan orang kehilangan nyawa dalam kecelakaan pesawat karena mereka mencoba membawa barang bawaannya. Jika terjadi kecelakaan, ingatlah yang terpenting selamatkan dirimu dulu. Atau sebaiknya dipersiapkan sejak awal, letakkan barang-barang yang penting seperti ponsel dan dompet di kantong bajumu. Sehingga mudah diselamatkan.

3. Punya Waktu 90 Detik untuk Keluar

Kabin pesawat bisa mencapai suhu sangat panas. Terlebih jika terbakar saat terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, kamu harus cepat-cepat keluar (dalam waktu 90 detik), mengikuti arahan petugas untuk menemukan pintu keluar darurat.

4. Punya Rencana Bertindak

Sebaiknya kamu mempersiapkan strategi tersendiri untuk menguasai dirimu dari kepanikan serta mencari jalan keluar saat berada dalam situasi kecelakaan pesawat. Hal ini juga bisa diterapkan dalam kondisi lainnya, misalnya saat terjadi bencana alam atau serangan teror di pesawat.

5. Hindari Stocking, Heels dan Makanan Ekstra

Kain seperti nilon (stocking) memiliki titik lebur yang rendah, mudah masuk ke kulit jika terjadi kebakaran setelah kecelakaan. Sepatu hak tinggi juga tidak baik untuk berlari sehingga hindari penggunaan itu dalam penerbangan. Selain itu, menurut statistik kecelakaan pesawat, mereka yang bertubuh ramping lebih bernasib baik karena mampu bergerak lebih cepat saat terjadi kecelakaan. Karena itu, mulai kurangi camilan ekstramu ya!

6. Jaga Sabuk Kursimu dan Tahan Diri

Menjaga sabuk pengaman tetap kencang tak hanya bisa menyelamatkan hidupmu tapi juga bisa melindungi kamu dari cedera turbulensi yang parah. Pastikan kamu membaca pamflet keselamatan di pesawat dan sabuk pengaman terpasang secara rapat. Pelajari pula posisi yang tepat saat terjadi kecelakaan, ini akan mengurangi kemungkinan kamu mengalami trauma pada kepala.

(Sumber: foxnomad.com)

 

Topik Terkait :

Virgoun Ternyata 'Tukang' Kentut!

Jangan Lewatkan