Penting Diketahui Saat Traveling ke Daerah Rawan Gempa

Cobalah lebih peka dan melakukan persiapan matang sebelum melakukan perjalanan.

Mutia
| 2 Oktober 2018 11:11

Dream - Bencana alam sangat sulit untuk diprediksi. Maksud hati ingin traveling dan menikmati keindahan alam, namun yang terjadi malah jadi pengungsi bencana. Hal ini bisa saja terjadi.

Terutama jika Sahabat Dream berjalan-jalan ke daerah rawan bencana. Untuk itu, cobalah lebih peka dan melakukan persiapan matang sebelum melakukan perjalanan. Sebelum membuat jadwal perjalanan secara detail, ketahui dulu kondisi geografis daerah yang bakal dikunjungi.

Jika memang pernah terjadi bencana alam seperti gempa, banjir bandang atau tsunami dan sangat rawan, pastikan Anda pergi bersama dengan pemandu. Konsultasikan padanya apa saja yang harus disiapkan, bahkan untuk situasi terburuk.

Cari penginapan yang berupa bangunan tradisional, seperti homestay atau rumah penduduk. Bukan hotel dengan bangunan batu yang kokoh. Bangunan dari kayu dan jerami, cenderung lebih tahan gempa.

Saat terjadi gempa konstruksi kayunya bakal mengikuti gerakan bumi dan bukan luluh lantak mematikan. Sesampainya di tempat tujuan, beritahukan keberadaan Anda pada keluarga atau kerabat dekat. Beri juga kontak pemandu Anda pada keluarga.

Untuk lebih aman, lebih baik pergi secara berkelompok dan saling mengenal satu sama lain. Hal ini agar jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan bisa saling kompak untuk membantu.

Topik Terkait :

Rahasia Keluarga Jokowi- Isi Rumah Jokowi di Istana Bogor (Part 7) - Mata Najwa

Jangan Lewatkan