Perjalanan Panjang Jalan Kaki Menaklukan Tembok Besar China

17 bulan menyusuri tembok besar China.

Siwi Nur Wakhidah
| 7 Juli 2019 13:30

Tembok Besar China Kini

Kembali ke tahun 1984, ketika Dong dan kedua rekannya melakukan ekspedisi Tembok Besar China. Saat itu, Dong berfokus pada jarak 8.851.8 kilometer, di mana menurutnya, itulah panjang Tembok Besar China yang terawat dengan baik sejak Dinasti Ming.

Selesai dengan ekspedisi, Dong dan kedua rekannya menerbitkan buku yang berjudul, “Ming Dinasty Great Wall Expedition” dan diharapkan menjadi bentuk dedikasi Dong dan kedua rekannya dalam pelestarian situs sejarah China yang berharga.

Namun sayangnya, ekspedisi yang dilakukan Dong bersama temannya seakan hanya jadi pengalaman dan pembelajaran bagi Dong saja. Tembok Besar China kini mengalami banyak kerusakan.

Dong dan rekannya


Berdasar dari lansiran CNN, tahun 2014 Great Wall Society melaporkan hanya 8.2% dari keseluruhan bangunan Tembok Besar China yang berada dalam kondisi baik. Dan, tahun 2016, banyak laporan yang menyebutkan warga sekitar ikut menyemen tembok.

“Sebelum reformasi, banyak desa yang menghancurkan Tembok Besar (China), namun tidak diangkat sebagai berita,” cerita Dong. “35 tahun ini saya melihat, kalau upaya untuk melindungi Tembok Besar (China) semakin menurun. Namun, saat ini banyak media yang ikut berjuang untuk memberitakan, dan berharap kesadaran masyarakat meningkat,” imbuh Dong.


BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie

Jangan Lewatkan